Akses Keluar-Masuk Kemang Pratama 3 Bekasi Pakai e-Money, Saldo Tak Berkurang

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 19:22 WIB
Akses masuk perumahan Kemang Pratama 3 Bekasi pakai e-Toll
Akses masuk perumahan Kemang Pratama 3, Bekasi, pakai e-toll. (Isal Mawardi/detikcom)
Kota Bekasi -

Akses keluar-masuk menuju perumahan elite, Kemang Pratama 3, Kota Bekasi, menggunakan e-money atau uang elektronik. Namun, kartu e-money saat ditempelkan, saldonya tak berkurang.

"Iya, bisa (pakai e-money), tapi tidak mengurangi saldo," ujar Ketua RW 13 Heridon ketika dihubungi detikcom, Kamis (9/7/2020).

Heridon mengatakan pihaknya baru menerapkan uji coba pemakaian e-money pada 6 Juli lalu. Penerapan penggunaan e-money secara permanen diagendakan pada awal Agustus 2020.

"Semua, semua (jenis) e-money (dapat digunakan)," kata Heridon.

Ia menyebut penerapan penggunaan kartu e-money dalam rangka mendata siapa saja yang keluar-masuk Kemang Pratama 3. Hal ini dimaksud untuk meminimalkan tindak kejahatan.

Heridon mengatakan setiap warga harus mendaftarkan e-money masing-masing kepada pengurus RW. Warga Kemang Pratama 3 harus membawa fotokopi STNK dan kartu keluarga. Namun, bagi warga di luar Kemang Pratama 3, wajib membawa fotokopi KTP dan STNK.

"Iya, jadi dia bawa e-toll-nya, kita masukin sistem kita, kan kita id date, yang pakai NTC rider, nanti muncul. Nanti nomor itu yang masuk dalam sistem kontrol akses kami. Kami upload ke situ," imbuhnya.

Warga yang tidak memiliki kartu e-money dapat membeli kartu perumahan akses keluar-masuk Kemang Pratama 3. Warga dikenai biaya awal pembelian kartu, selebihnya tidak dikenakan biaya tambahan saat keluar-masuk perumahan Kemang Pratama 3.

"Kalau buat warga harganya Rp 10 ribu, pengganti pembuatan kartu saja sebetulnya, kalau motor Rp 5.000," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2