Prabowo Garap Lumbung Pangan, Tenaga Ahli KSP: Bukan Ambil Tupoksi Mentan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 14:34 WIB
Donny Gahral.
Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

PKS mengaku bingung atas ditunjuknya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk menggarap proyek lumbung pangan nasional. Kantor Staf Presiden (KSP) meminta pertahanan tak diartikan secara sempit.

"Pertahanan perlu diartikan secara luas, bukan cuma pertahanan dari ancaman bersenjata tapi juga ancaman non bersenjata. Seperti misalnya penyakit, kelaparan," kata Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian saat dihubungi, Kamis (9/7/2020).

Donny mengatakan, ketika pertahanan diartikan secara lebih luas. Maka, kata dia, wajar jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menhan Prabowo untuk ikut mengelola lumbung pangan nasional.

"Jadi saya kira ketika pertahanan diartikan secara lebih luas maka tidak ada salahnya Presiden menunjuk Kementerian Pertahanan untuk menangani ketahanan pangan. Toh ini juga akan dikoordinasikan dengan Kementerian Pertanian," tuturnya.

"Tapi sekali lagi, ini bukan mengambil tupoksinya Kementan. Apalagi ini cadangan strategis, artinya sesuatu yang strategis bagi ketahanan pangan kita, dan juga dimobilisasi oleh TNI untuk turut menggarap itu sebagai operasi militer selain perang," sambung Donny.

Tonton juga 'Prabowo Ditugaskan Garap Lumbung Pangan, Gerindra: Ini Terkait Pertahanan':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2