Sidang Tahunan MPR Terapkan Protokol Kesehatan

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 14:04 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Syarifuddin Hasan mengatakan, Sidang Tahunan MPR pada 14 Agustus 2020 akan digelar secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Meski digelar secara virtual, Sidang Tahunan MPR ini akan dihadiri Presiden dan Wakil Presiden secara fisik.

"Kesepakatan dalam pertemuan Pimpinan MPR dengan Presiden, Sidang Tahunan MPR akan dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2020. Sidang Tahunan MPR dilakukan secara virtual dan memberlakukan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Presiden dan Wakil Presiden hadir secara fisik dalam Sidang Tahunan MPR ini," kata Syarief Hasan dalam keterangannya, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya, secara substansi, penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR pada Agustus 2020 tidak berbeda dengan tahun-tahun lalu dimana maksud dan tujuan penyelenggaraan sidang tetap sama seperti sebelumnya. Namun, yang membedakan hanyalah Sidang Tahunan MPR ini digelar di masa pandemi COVID-19.

"Tetapi, persoalan ini sebenarnya hanya masalah teknis dalam penyelenggaraannya saja," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelum ada pandemi COVID-19, penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR dilakukan secara normal, tetapi untuk sidang kali ini harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.



"Intinya, walaupun kita sekarang berada dalam masa pandemi COVID-19 ini, penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR dengan agenda penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara kepada rakyat tetap berjalan," paparnya.

Adapun Sidang Tahunan MPR nantinya hanya dihadiri beberapa orang dari perwakilan fraksi-fraksi. Sementara, anggota MPR lainnya (anggota DPR dan anggota DPD) akan mengikuti jalannya sidang secara virtual.

(ega/ega)