Kitab Suci Agama di Indonesia dan Tempat Ibadahnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 13:55 WIB
Warga membaca Al Quran di Masjid Agung Suhada, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/4/2020). Pada bulan Ramadhan, umat Islam memperbanyak kegiatan tadarus atau membaca Al Quran dan juga melaksanakan shalat sunah selain shalat lima waktunya untuk meningkatkan amal ibadah. ANTARA FOTO/Akbar Tado/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/AKBAR TADO/Kitab Suci Agama di Indonesia dan Tempat Ibadahnya
Jakarta -

Ada enam agama yang diakui di Indonesia yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Keenam agama itu memiliki kitab suci masing-masing yang memuat ajaran-ajaran tentang panduan kehidupan umat beragama dalam menjalani hidup.

Berikut kitab suci agama di Indonesia:

1. Al Quran- Islam

Al Quran adalah kitab suci agama Islam. Al Quran terdiri atas 114 surat, 30 juz, dan 6.666 ayat. Al Quran diturunkan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun. Waktunya dimulai sejak 17 Ramadan dan saat itu Nabi Muhammad berumur 40 tahun hingga wafat.

Isi dari Al Quran adalah petunjuk, ada juga cerita mengenai sejarah suatu kaum. Ayat Al Quran dibaca dalam bahasa Arab saat melaksanakan sholat. Seseorang yang menghafal isi Al Quran disebut Hafidz. Umat Muslim membacakan Al Quran dengan bernada dan sesuai peraturan atau tajwid. Dalam memahami makna Al Quran, umat Muslim menggunakan tafsir.

Sedangkan tempat ibadah umat Islam yakni masjid. Di masjid umat Islam melakukan sholat lima waktu, sholat sunah, dan membaca Al Quran.

2. Al Kitab- Kristen Katolik

Kitab suci agama di Indonesia dari Kriten Katolik yakni Al Kitab atau Injil. Kristen Katolik masuk ke Indonesia berawal dari kedatangan bangsa Portugis ke kepulauan Maluku. Hari besar Kristen Katolik yakni Natal, Jumat Agung, Kenaikan Isa Al Masih, dan Hari Paskah.


3. Al Kitab- Kristen Protestan

Agama Kristen Protestan muncul setelah protes Martin Luther pada tahun 1517. Kata Protestan diaplikasikan pada umat Kristen yang menolak ajaran maupun otoritas Gereja Katolik. Kitab suci agama Kristen Protestan sama dengan Kristen Katolik yakni Al Kitab atau Injil. Sementara tempat ibadah umat Kristen Protestan juga sama dengan Kristen Katolik yakni gereja.

4. Weda- Hindu

Kitab suci agama Hindu yakni Weda. Di Indonesia pemeluk agama Hindu tersebar di wilayah Indonesia namun yang terbanyak yakni di Bali. Tempat ibadah agama Hindu yakni Pura. Hari raya Umat Hindu yakni Nyepi, Kuningan, Galungan, dan Hari Saraswati.


5. Tripitaka- Buddha

Kitab suci agama Buddha yakni Tripitaka. Tempat ibadah agama buddha adalah Vihara. Hari raya agama Buddha yakni Hari Kathina, Hari Waisak, dan Hari Asadha. Agama Buddha merupakan agama tertua di dunia dan di Indonesia. Namun pemeluk agama Buddha di Indonesia tidak sebanyak agama-agama lainnya.

6. Sishu Wujing - Konghucu


Sejak era reformasi, agama yang diakui di Indonesia bertambah satu yakni Konghucu. Penyebaran agama Konghucu ke Indonesia dilakukan oleh orang-orang China yang merantau ke Indonesia. Kitab suci agama Konghucu yakni Sishu Wujing. Hari besar agama Konghucu yakni Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

Itulah kitab suci agama-agama di Indonesia. Apa kalian hafal?

(nwy/pal)