Kembalikan Rp 500 Juta di KRL Bogor, Mujenih: Katanya Itu Penemuan Terbesar

Herianto Batubara - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 13:44 WIB
Uang yang ditemukan Mujenih di KRL Bogor
Uang yang ditemukan Mujenih di KRL Bogor (Mujenih)
Bogor -

Nama Mujenih mendadak ramai dibahas netizen di media sosial. Penyebabnya, dia mengembalikan uang Rp 500 juta yang dia temukan di gerbong KRL Bogor.

Banyak netizen yang mengapresiasi Mujenih. Sosok petugas kebersihan di KRL ini dinilai langka karena jujur dan berintegritas.

Peristiwa penemuan uang Rp 500 juta ini terjadi pada Senin, 6 Juli 2020, sore di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Ketika itu Mujenih sedang bertugas membersihkan gerbong KRL. Dia lalu melihat ada kantong plastik warna hitam di bawah kursi penumpang.



Mujenih pun memeriksa plastik tersebut. Saat dibuka, ternyata isinya uang dalam jumlah yang banyak pecahan Rp 100 ribu.

Mujenih pun mengembalikan uang tersebut didampingi petugas di dalam kereta. Uang itu dia serahkan ke tempat penemuan barang hilang di Stasiun Bogor. Dia juga menandatangani form serah-terima barang hilang. Di situ tertulis kondisi barang terakhir ditemukan, yakni 'plastik hitam isi uang 500 juta'.

Form serah terima barang hilang penemuan uang Rp 500 juta di KRLForm serah-terima barang hilang penemuan uang Rp 500 juta di KRL (FB/Arip Rahmatuloh)



"Itu penemuan terbesar katanya, selama di Stasiun Bogor itu paling banyak Rp 50 juta," ujar Mujenih saat berbincang lewat telepon, Kamis (9/7/2020).

Pria berusia 30 tahun ini mengatakan dirinya tidak sempat bertemu dengan pemilik uang itu karena harus kembali bekerja. Namun dia senang karena bisa mengembalikan uang tersebut.

Ditanya lebih jauh, Mujenih mengatakan saat menemukan uang Rp 500 juta itu, dia tidak punya hasrat sedikit pun untuk memiliki. Sebab, menurutnya, uang itu bukanlah miliknya.

"Kalau kaget sih, biasa aja. Kalau buat memiliki kayaknya nggak, hak orang," ucapnya.


Perbincangan dengan Mujenih lewat telepon pun terhenti. Dia berpamitan karena harus kembali bekerja membersihkan gerbong KRL yang sudah menjadi tugasnya sehari-hari.

Hingga kini belum ada info lebih lanjut apakah uang ini sudah diterima kembali oleh pemiliknya atau belum. detikcom sudah menemui Kepala Stasiun Bogor Arkansyah untuk bertanya lebih jauh, tapi dia menolak berkomentar dan meminta agar peristiwa ini dikonfirmasi ke VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba.

Dihubungi terpisah, Anne Purba mengatakan barang apa pun yang ditemukan di dalam gerbong KRL akan dikembalikan.

"Apapun barang yang ditemukan akan dikembalikan ke pemiliknya melalui aplikasi Lost and Found," ujar Anne.

Tonton juga 'Dear Anker, Yuk Cermati Protokol Kesehatan di KRL':

[Gambas:Video 20detik]

(hri/imk)