DKI Ungkap Sebab Tambahan Kasus Corona Cetak Rekor 344 dalam Sehari

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 13:18 WIB
Poster
Foto Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Tambahan kasus positif COVID-19 di Jakarta pada Rabu (8/7) mencapai rekor, total ada 344 kasus dalam satu hari. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan tingginya kenaikan positif Corona itu karena pihaknya gencar melakukan pencarian kasus baru atau active case finding.

"Karena kita active case finding data dari rumah sakit dan puskesmas. Puskesmas itu turun ke lapangan langsung," ujar Widya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Berdasarkan data yang ada di siaran pers dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, penambahan 344 kasus Corona dalam sehari itu terdiri dari 257 orang hasil active case finding. Kemudian ada laporan akumulasi dalam satu bulan terakhir yang baru dilaporkan salah satu laboratorium rumah sakit dengan jumlah 36 orang positif.

Selain itu, ada 51 orang atau kasus lainnya berasal dari WNI yang baru kembali ke luar negeri. Ke-51 orang itu saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di Jakarta.

Tonton juga 'Kasus Baru Virus Corona Harian di Jakarta Cetak Rekor':

[Gambas:Video 20detik]

Sebelumnya, kurva kasus baru virus Corona di Jakarta meroket pada hari ini. Ada 344 kasus baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Jakarta.

Sebagaimana terpampang di situs resmi Corona Jakarta, Rabu (8/7/2020), catatan 344 kasus baru per hari adalah rekor tertinggi sejak pertama kali kasus Corona tercatat di Ibu Kota. Total kasus Corona di Jakarta pada Rabu (8/7) mencapai 13.069.

Terpantau pada grafik 'Penambahan Kasus Harian', kurva untuk hari ini adalah kurva yang tertinggi, mengalahkan puncak kurva tanggal 5 Juli dengan 256 kasus baru dan tanggal 25 Juni dengan 245 kasus baru.

(gbr/gbr)