3 Bulan Menteri Kayak Cuti, Kenapa Baru Ditegur Pak Jokowi?

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 11:22 WIB
jokowi marah
Presiden Jokowi (Biro Pers Kepresidenan/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegur para menterinya dan menyinggung sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) yang dilakukan selama pandemi virus Corona (COVID-19) justru tampak seperti cuti. PKS mempertanyakan kenapa Jokowi baru menegur sekarang.

"Telat banget. WFH udah hampir tiga bulan. Kalau menteri kerasa cuti pantas banyak kementerian tidak berkinerja membiarkan rakyat menghadapi pandemi sendirian," kata Ketua DPP Mardani Ali Sera kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Mardani juga mempertanyakan arah kemarahan Jokowi. Dia menilai teguran Jokowi tidak jelas karena tidak ada pergerakan yang signifikan dari jajarannya.

"Pertama, ngegas itu jelas tujuannya mau ke mana. Kalau ngegas sementara gigi tetap normal, tidak masuk gigi satu atau dua, tidak ada pergerakan dan tidak ada punish and reward, artinya jalan di tempat. Sekolah dengan cara pembelajaran jarak jauh masih belum ada terobosan pelatihan intensif bagi guru dan kuota internet gratis untuk siswa," tuturnya.

"UMKM masih berjuang sendirian untuk bertahan hidup hingga beban kewajiban rapid test berkali-kali yang mestinya bisa distandarkan karena perlengkapan rapid test yang sudah jadi bisnis sendiri banyak dari luar negeri. Ngegas tanpa aksi sama dengan jalan di tempat," lanjut Mardani.

Mardani Ali SeraMardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)

Mardani juga menyinggung pernyataan Mensesneg Pratikno soal adanya perubahan kinerja usai Jokowi marah. Dengan Jokowi kembali marah, dia mengatakan kepercayaan masyarakat akan berkurang terhadap pemerintah.

"Kedua, rakyat jadi bingung karena sebelumnya Mensesneg bilang ada perbaikan kinerja. Ketiga, kalau seperti ini terus bisa menggerus kepercayaan publik pada pemerintah di saat sangat perlu dukungan trust publik menghadapi pandemi ini," ujarnya.

Tonton juga 'Jokowi Sindir Para Menteri: Saya Lihat WFH Kemarin Kayak Cuti':

[Gambas:Video 20detik]

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali menyentil kinerja para menterinya. Jokowi menyinggung sistem bekerja dari rumah atau WFH yang dilakukan selama ini justru tampak seperti cuti.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas bersama menteri dan kepala lembaga negara mengenai 'Percepatan Penyerapan Anggaran di 6 Kementerian/Lembaga' pada Selasa (7/7) lalu. Video itu kemudian diunggah dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (8/7) kemarin.

"Saya minta kita memiliki sense yang sama. Sense of crisis yang sama. Jangan sampai 3 bulan yang lalu kita menyampaikan bekerja dari rumah, work form home. Yang saya lihat ini kayak cuti malahan. Padahal pada kondisi krisis kita harusnya kerja lebih keras lagi," kata Jokowi, seperti dilihat detikcom, Kamis (9/7).

(eva/elz)