Dirut KAI Minta Relaksasi SIKM Rute Jakarta-Bandung, Ini Jawab Pemprov DKI

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 19:58 WIB
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Lisye/detikcom)

"SIKM itu kan sudah diatur bahwa selama kita masih berada dalam pandemi COVID-19, tentu kita harus mengedepankan prinsip pengendalian pergerakan orang. Jadi, bukan membatasi, tetapi kita kendalikan agar kita mampu mengatasi wabah ini secara baik," katanya.

Sebelumnya, Didiek Hartantyo mengatakan akan berkirim surat ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk meminta persyaratan SIKM DKI Jakarta dicabut. Dia minta ini bisa diterapkan terlebih dahulu untuk perjalanan Jakarta-Bandung.

Didiek mengatakan hal ini dilakukan agar pihaknya bisa mengoperasikan Kereta Api (KA) Parahyangan Bandung-Jakarta. Selama ini KA tersebut berhenti beroperasi karena salah satunya ada kebijakan SIKM sehingga ia berharap kewajiban SIKM dicabut.

"Ke Parahyangan belum dioperasikan. Kalau (ada) SIKM, nanti penumpangnya nggak ada yang mau. Sekarang coba, kan nggak fair naik mobil bebas masuk ke Jakarta, kenapa naik kereta dibatasi? Sekarang kami secara khusus mohon untuk Bandung saja dulu, mohon SIKM ditiadakan," kata Didiek di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/7).

Halaman

(aud/aud)