Polres Cilegon Tingkatkan Patroli Siber Jelang Pilwalkot 2020

M Iqbal - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 14:12 WIB
Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana
Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Polres Cilegon meningkatkan patroli siber untuk memantau aktifitas di media sosial jelang pemilihan wali kota (Pilwalkot) Cilegon 2020. Polisi akan menindak tegas para pendukung dan simpatisan calon wali kota yang terbukti menyebarkan hoax.

"Karena patroli siber dari Polres sendiri sudah melaksanakan kegiatan tersebut atau mungkin dari beberapa laporan pihak yang merasa dirugikan, atau dari masyarakat silakan membuat laporan ke kita," kata Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana, kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Polisi bakal menjerat pembuat hoax dan pengganggu kamtibmas dalam Pilkada dengan Undang-Undang Pemilu dan Undang-Undang ITE. Polisi menegaskan akan bertindak tegas tanpa ada toleransi.

"Selagi itu masih dalam toleransi, karena kita juga ada UU Pemilu, UU ITE, selagi masih ada toleransi tidak melanggar UU tersebut kami akan diamkan," ujarnya.

Sejauh ini, kata Yudhis, situasi di media sosial menjelang Pilkada di Cilegon masih kondusif. Meski begitu, sudah ada keramaian netizen pendukung paslon di media sosial.

"Insyaallah untuk kejadian yang ada di Cilegon, khususnya, dan di wilayah hukum Polres Cilegon, ada beberapa kejadian cuma masih dianggap kondusif. Namun, dibilang meningkat ada peningkatan dibanding hari-hari sebelum di bulan Maret kita pandemi," kata dia.

(zap/zap)