Panglima Hadi ke Capaja: Ingat, TNI-Polri Aset Strategis Bangsa dan Negara

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 09:47 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Puspen TNI)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberi arahan kepada calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri. Marsekal Hadi mengingatkan pentingnya sinergi antara TNI dan Polri karena dua institusi ini aset bangsa.

"Ingat, para taruna dan taruni bahwa TNI-Polri adalah dua institusi besar aset strategis bangsa dan negara kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," ujar Hadi dalam video konferensi kepada capaja TNI-Polri, yang ditayangkan live di YouTube TNI AU, Rabu (8/7/2020).

Hadi merinci tugas yang berhasil diselesaikan oleh TNI-Polri, salah satunya mengamankan Pemilu hingga menjaga keamanan dan melindungi rakyat di tengah bencana alam. Dia menyebut hingga saat ini sinergi dua institusi ini berjalan dengan baik.

"Berbagai peristiwa nasional atau internasional tak lepas dari kerjasama dan kerja keras TNI-Polri, Pilkada serentak, Pileg, Pilpres, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, bencana alam di Lombok, bencana alam di Palu, bencana alam di Selat Sunda, peristiwa keributan di Papua, kebakaran hutan di Riau, pengamanan KTT dan lain sebagainya, semuanya melalui sinergi TNI-Polri berjalan dengan baik, sehingga mendukung program-program tersebut," jelasnya.

Menurut Hadi, sinergi ini menyimbolkan persatuan dan kesatuan antarlembaga. Dia juga menegaskan sinergi TNI-Polri adalah kunci keberhasilan menyelesaikan tugas negara.

"Ini menujukan kepada nasional dan internasional bahwa betapa persatuan dan kesatuan yang ditujukan melalui sinergi TNI-Polri dan komponen bangsa lainnya adalah kunci keberhasilan sebagai bangsa, sehingga sekali lagi sinergi TNI-Polri adalah kunci menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan negara, itulah yang saat ini kita lakukan," tegas Hadi.

Tonton video 'Jokowi: Capaja TNI-Polri Harus Cepat Beradaptasi dan Inovatif':

(zap/dhn)