Panglima ke Capaja TNI-Polri: Corona Musuh Tak Kasatmata, Jangan Lengah!

Sachril Agustin B - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 09:30 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Puspen TNI)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, virus Corona (COVID-19) merupakan musuh yang tidak kasatmata. Hadi meminta calon perwira remaja TNI-Polri tidak lengah akan ancaman biologis ini.

"Selama vaksin dan obatnya belum ditemukan, maka kita tidak boleh lengah karena musuh yang kita hadapi saat ini adalah musuh yang tidak kasatmata, tidak mengenal batas negara, dan menyerang siapa pun tanpa pandang bulu, tanpa melihat pangkat, jabatan, tanpa melihat status sosial," ujar Hadi saat memberikan pembekalan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2020).



"Apabila kita lengah, maka kita akan diserang. Ini adalah ancaman yang saat ini kita hadapi," lanjutnya.

Virus Corona telah dinyatakan sebagai pandemi. Virus ini sudah berdampak ke lebih dari 200 negara di dunia.



"Kita semua harus juga mengetahui ancaman yang ada. Saat ini, ancaman biologi seperti pandemi COVID-19 sedang terjadi. Ancaman faktual ini terbukti telah memberikan dampak kerusakan terhadap tantangan dunia dan kemanusiaan," ujar Hadi.

Hadi menjelaskan angka kematian akibat virus Corona hampir 2 kali lipat dari korban tewas perang Vietnam. Virus ini juga membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.

"Angka kematian akibat virus ini hampir 2 kali lipat dari korban perang Vietnam. Namun tidak hanya itu saja, pandemi telah membuat perekonomian dunia terjun bebas. Jutaan orang menjadi pengangguran, banyak perusahaan yang gulung tikar, produsen bahan pangan berupaya melindungi kepentingan dalam negeri dan sebagainya," bebernya.

(dkp/dhn)