Round-Up

4 Gempa di Atas M 5 Guncang Indonesia dalam Sehari

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 07:11 WIB
Ilustrasi gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017) malam
Ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 4 kali Tanah Air diguncang gempa pada Selasa kemarin. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kekuatan gempa itu di atas 5 magnitudo (M).

Pada Selasa (7/7/2020) gempa M 6,1 terjadi di Jepara, Jawa Tengah sekitar pukul 05.54 WIB. Titik koordinat gempa ada pada 6,12 Lintang Selatan (LS) dan 110,55 Bujur Timur (BT).

Gempa ada pada kedalaman 578 di 53 km barat laut Jepara. BMKG melaporkan bahwa gempa di Jepara ini tidak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya.

Gempa dirasakan dengan skala III MMI di Karangkates, Nganjuk, Yogyakarta, Purworejo, Kuta dan Mataram. Di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan getaran terasa seakan akan truk berlalu. Lalu gempa juga dirasakan dengan skala II-III MMI di wilayah Denpasar, Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Surabaya, Wonogiri dan Kebumen skala II-III MMI.

Sementara di, Banjarnegara, Pangandaran, Karangasem, Lombok Barat , Garut, Boyolali, Krui, Sekincau, Semaka, Pekalongan, Banyumas, wonosobo, Magelang, Purbalingga dan Gianyar gempa dirasakan pada skala II MMI. Artinya, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa kedua terjadi sekitar pukul 11.44 WIB. Gempa M 5,4 itu berpusat di Rangkasbitung, Lebak, Banten. Koordinat gempa di 6,69 LS dan 106,14 BT. Lokasi gempa 18 km arah barat daya Rangkasbitung. Kedalaman berada 82 km.

Gempa dirasakan kencang di DKI Jakarta. detikcom merasakan gempa di salah satu gedung di Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jaksel, lantai 9. Gempa sempat terasa seperti berguncang menurun.

BMKG mencatat gempa di Rangkasbitung ini tidak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

Selanjutnya
Halaman
1 2