Rusak Kantor LH di Mampang, 2 Petugas PPSU Dipecat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 05:52 WIB
Polisi Beberkan Kronologi Perusakan Kantor LH di Mampang oleh Pasukan Oranye
Foto: (dok.istimewa)
Jakarta -

Perusakan Kantor Lingkungan Hidup (LH) Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, oleh sejumlah petugas PPSU berbuntut panjang. Pihak Kelurahan Bangka memecat terhadap 2 petugas yang terlibat perusakan.

"2 orang yang harus di-PHK," ujar Lurah Bangka Novia Ernita ketika dihubungi detikcom, Selasa (7/7/2020) malam.

Selain itu, pihak kelurahan juga memberikan sikap tegas terhadap 4 petugas PPSU lainnya. Keempat petugas PPSU diberi surat peringatan (SP).

"4 orang mendapatkan SP (surat peringatan) 2," tutur Novia.

Novia bercerita petugas PPSU marah lantaran merasa direkam saat berjoget-joget dalam perayaan ulang tahun PPSU Kelurahan Bangka yang ke-5. Ia menampik adanya minum-minuman beralkohol dalam perayaan itu.

"Memang dia (petugas PPSU) sih lagi joget-joget. Nah dinding tembok kita dengan tembok dia tuh ada 3 meteran kali. Nah dia itu (anggota LH) di atas mobil truk sampahnya, dia itu ngintip pakai (ponsel) memvideokan," jelas Novia.

"(Petugas PPSU) ya nggak mau diviralin," imbuh Novia.

Pihaknya, ujar Novia, telah menyerahkan sepenuhnya penyelesaian kasus ini kepada Polsek Mampang Prapatan.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (4/7) malam lalu. Saat itu, kelima oknum PPSU ini menyetel musik dan berjoget-joget.

"Versi yang berkembang, itu ada yang ulang tahun dan minum-minum sambil joget-joget setel musik," ujar Kapolsek Mampang Prapatan Kompol Sujarwo.

Menurut keterangan pasukan oranye ke polisi, mereka menyetel musik malam itu dalam rangka merayakan ulang tahun.

Nah, pada saat kelima anggota pasukan oranye ini sedang asyik joget-joget, tiba-tiba ada yang merekam. Mereka tidak terima sehingga melakukan perusakan di kantor LH yang bersebelahan dengan kantor PPSU. Perekam diduga petugas LH Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

(isa/aud)