PAN Masih Heran dengan MA soal Waktu Rilis Putusan Menangkan Rachmawati

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 20:59 WIB
Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay
Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Rachmawati Soekarnoputri menang atas KPU di Mahkamah Agung (MA) terkait Pasal 3 ayat (7) PKPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum. PAN mempertanyakan mengapa putusan itu baru dirilis oleh MA.

"Saya menyoal dulu ini, mengapa sih keputusan MA ini baru dipublikasikan setelah 9 bulan lebih, pemilu kan selesai sekitar Juli ya, setelah hampir satu tahun selesainya pemilu, baru diumumkan?" kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

MA sendiri telah memberi penjelasan jika dirilisnya putusan yang telah diketok pada Oktober 2019 itu masih sesuai dalam koridor waktu sesuai ketentuan. PAN, yang merupakan salah satu pengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 lalu, merasa aneh jika putusan kemenangan Rachmawati baru dirilis.

"Merasa aneh aja, kenapa baru sekarang? Sudah dijawab sama MA katanya masih di dalam koridor waktu yang ditentukan. Pertanyaannya, walaupun masih dalam koridor waktu kan ada pilihan dari MA, kenapa memilih sekarang, nggak memilih kemarin? Oke, masih di koridor yang dibolehkan, tapi kenapa dia memilih waktu di akhir, nggak di awal saja?" tanya Saleh.

Menurut Saleh, soal putusan MA ini bisa menjadi contoh untuk pemilihan umum ke depan, termasuk pilkada. Ia menilai tidak perlu ada penundaan untuk sebuah putusan kontekstual agar tidak menimbulkan perdebatan.

"Ini contoh bukan hanya untuk penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, dan kontestannya, tapi juga untuk mahkamah, dalam hal ini Mahkamah Agung, kalau misalnya ada putusan yang kontekstual ya harus diputuskan lah, jangan menunda terlalu lama yang membuat ada hal-hal yang menimbulkan perdebatan di kemudian hari seperti hari ini," ujarnya.

Saleh mengaku tidak memahami apa implikasi dari putusan MA yang memenangkan Rachmawati. Pasalnya, proses pemilihan sudah selesai dan presidens serta wakil presiden terpilih pun sudah dilantik.

Selanjutnya
Halaman
1 2