Polisi Ungkap Kasus Pencurian Batu Bara di Atas Kapal Tongkang di Kaltim

Yovanda Izabella - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 20:46 WIB
Polisi tangkap 6 pencuri batu bara di atas kapal tongkang di Kukar, Kaltim
Polisi menangkap 6 pencuri batu bara di atas kapal tongkang di Kukar, Kaltim. (Yovanda Izabella/detikcom)

"Modus operandi yang dilakukan para tersangka yakni dengan cara memepet kapal klotok di kapal tongkang batu bara, selanjutnya para pelaku mulai mengangkut batu bara dengan sekop dan keranjang dan mengisi kapal klotok yang sudah desain untuk melakukan pencurian batu bara," terang Tatar.

Adapun 6 tersangka yang ditangkap ialah Munawir alias Makka, Saharuddin, Tamrin, Sandi, Andi Abdullah, dan Irfan Sido. "Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku sudah beraksi 2 sampai 4 bulan belakangan. Tercatat, satu kapal klotok berjumlah 4 sampai 5 orang yang membantu nakhoda untuk mencuri," jelasnya.

Tatar menyebut 6 tersangka berasal dari berbeda jaringan. Dari pengakuan tersangka, mereka hanya beraksi di wilayah Muara Pegah. Namun polisi masih mendalami lagi karena tak menutup kemungkinan para pelaku beraksi di TKP lain juga.

"Pengakuan tersangka, hanya beraksi di Muara Pegah. Tapi kasus ini akan terus didalami," sebutnya.

Saat ini keenam tersangka masih menjalani pemeriksaan di Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kaltim. Mereka dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.

Halaman

(aud/aud)