Polisi Ungkap Kasus Pencurian Batu Bara di Atas Kapal Tongkang di Kaltim

Yovanda Izabella - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 20:46 WIB
Polisi tangkap 6 pencuri batu bara di atas kapal tongkang di Kukar, Kaltim
Polisi menangkap 6 pencuri batu bara di atas kapal tongkang di Kukar, Kaltim. (Yovanda Izabella/detikcom)
Samarinda -

Polisi menangkap 6 nakhoda kapal klotok yang kerap beraksi mencuri batu bara di atas kapal tongkang di Kawasan Muara Pegah, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Polisi juga menyita 6 kapal yang dikendarai masing-masing tersangka, yang di dalamnya terdapat batu bara curian.

"Proses sidik ada enam orang. Mereka nakhoda kapal yang mencuri batu bara," kata Direktur Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Kaltim Kombes Tatar Nugroho pada Selasa (7/7/2020).

Tatar menjelaskan, 6 unit kapal klotok yang disita berisi batu bara di antaranya seberat 5,9 ton sampai 19,2 ton. Kemudian ada 24 sekop dan 24 keranjang yang digunakan untuk wadah batu bara curian.

Tatar menjelaskan, penangkapan dilakukan oleh Subdit Gakkum Polairud Polda Kaltim dengan menggunakan Kapal Patroli XII-2014, dibantu Korpolairud Bahararkam Polri yang menggunakan dan Kapal Patroli Perenjak -5017.

Dijelaskan, keenam pelaku ditangkap saat mencuri batu bara di atas kapal tongkang Dewi Iriana 1, yang sedang ditarik oleh tugboat Intan Megah 3 milik PT Jembayan Muara Bara (JMB).

Selanjutnya
Halaman
1 2