SKB 2 Menteri Bidang Budaya-Ekonomi Kreatif: Pakai Masker Kain Harus 3 Lapis

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 19:16 WIB
Masker Kain
Ilustrasi masker (Foto: iStock)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) dua menteri di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif. Di situ, dijelaskan berbagai panduan teknis bagi pengelola dan penyelenggara kegiatan seni-budaya.

Hal itu tertuang dalam SKB Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tentang Panduan Teknis Pencegahan Pengendalian COVID-19 di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19 yang disahkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dan Menparekraf Wisnutama Kusubandio pada Kamis, 2 Juli 2020.

Salah satu poin dalam SKB itu, pengelola atau penyelenggara layanan kegiatan diminta agar mewajibkan pekerja dan pengunjung untuk mengenakan masker. Sementara bagi yang menggunakan masker kain disarankan agar menggunakan masker kain sebanyak 3 lapis.

"Mewajibkan pekerja dan pengunjung menggunakan masker di tempat layanan atau kegiatan, jika menggunakan masker kain sebaiknya menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis," tulis salah satu poin dalam SKB tersebut seperti dilihat detikcom pada Selasa (7/7/2020).

Dalam SKB itu disebutkan para pekerja dan pengunjung kegiatan seni-budaya harus selalu diukur suhu tubuhnya. Suhu di atas 37,3 derajat celsius tidak diperkenankan mengikuti atau masuk ke tempat kegiatan.

"Jika ditemukan pekerja/pengunjung dengan suhu ≥37,30C (setelah dilakukan 2 (dua) kali pemeriksaan dengan jeda waktu 5 (lima) menit dari pemeriksaan suhu pertama), tidak diperkenankan masuk dan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," tulisnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2