RDP Komisi III di Gedung KPK Dikritik, Pimpinan DPR: Menurut Tatib Boleh

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 18:09 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad berkunjung ke kantor Kadin
Sufmi Dasco Ahmad (Foto: DPR.go.id)
Jakarta -

Pimpinan DPR RI angkat bicara soal agenda rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi III dengan KPK yang digelar di gedung KPK. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan RDP DPR dapat digelar di tempat mitra komisi.

"Kalau menurut tata tertib itu RDP itu boleh dilakukan baik di DPR maupun di mitra. Dan ini bukan pertama kali Komisi III melakukan rapat di tempat mitra," kata Dasco, di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Dasco justru lalu mendorong lokasi rapat komisi DPR dapat dilakukan secara bergantian dengan mitranya dan diharapkan menjadi kebiasaan baru. Namun, jangan sampai esensi rapat berkurang.

"Jadi, memang ini harus menjadi satu kebiasaan bahwa rapat itu bisa dilakukan bergantian tapi tanpa mengurangi makna rapat tersebut. Dan saya liat tadi rapatnya cukup serius, karena dari mulai pukul 11.00 WIB, ini baru selesai katanya saya pantau," ujar Dasco.

Lebih lanjut Dasco membeberkan alasan Komisi III melakukan RDP di gedung KPK. Dia mengatakan pimpinan dan anggota Komisi III ingin melihat bagaimana kondisi gedung KPK.

"Karena begini, dalam rapat pengawasan ini kawan-kawan itu pingin melihat fasilitas yang ada di KPK. Apakah kemudian ini masih memadai, cukup memadai, atau masih belum memadai. Karena selain rapat, kawan-kawan juga meninjau fasilitas seperti rumah tahanan, fasilitas gedung, dan lain-lain," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2