Nama-nama Unik yang Pernah Viral: Tuhan-Saiton-Dita Leni Ravia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 17:07 WIB
Seorang pelajar asal Gunungkidul mendadak viral karena memiliki nama yang unik dalam bahasa Jawa. Apa sih artinya?
KTP Dita Leni Ravia (Foto: dok. pribadi)

2. Saiton

Setelah ramai nama Tuhan, kemudian muncul Saiton. Dia adalah pria asal Palembang yang berprofesi sebagai guru. Sejak ia lahir orang tuanya memberi nama Saiton.

"Sejarahnya panjang," ujar pria yang akrab disapa Anton ini saat dihubungi, Kamis (27/8/2015).

Saiton bertutur dahulu orang tuanya memiliki 13 anak, namun hingga kini hanya tiga orang yang hidup. Yang lain meninggal semua, Saiton adalah anak bungsu.

"Ya orang tua saya bingung anaknya mau dikasih nama apa, dikasih nama Saiton," imbuhnya.

Waktu berlalu, ketika umur Saiton 3 tahun, atas desakan tetangga dan keluarga diganti namanya. "Dibuat selametan, tapi habis itu sakit-sakitan, jadi kembali lagi Saiton," urai dia dengan tawa terdengar.

"Saya biasa dipanggil Anton atau Suton," tambahnya.

3. Andy Go to School, Happy New Year, dan Rudi A Good Boy

Di Banyuwangi ada pria bernama Tuhan, di Palembang ada yang bernama Saiton. Nah di Magelang, Jawa Tengah, ada 3 bersaudara yang memiliki nama tak biasa. Mereka adalah Andy Go to School, Happy New Year, dan Rudi A Good Boy. Dilihat dari kata yang digunakan, nama itu memang memiliki arti khusus.

Happy adalah anak pertama, disusul Andy dan Rudi. Ketiganya anak pasangan Bulkin dan Nakimah (almarhum), warga Dusun Kedung Rengit RT 01 RW 04, Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sesuai namanya, Happy New Year lahir tepat pada tahun baru, 1 Januari 1978. Sedangkan Andi lahir 15 Juni 1986 dan Rudi lahir 11 Maret 1990. Andy berprofesi sebagai anggota Sumda (Sumber Daya Manusia) Polres Magelang Kota berpangkat Brigadir, Happy sibuk berbisnis pasir, sedangkan Rudi menjadi anggota TNI di Bandung Jawa Barat.

"Saya baru sadar nama saya tidak biasa setelah masuk SMP. Saat itu sudah dapat pelajaran bahasa Inggris," kata Goto, panggilan Andy Go To School, di Mapolres Magelang Kota, Selasa (1/9/2015).

"Kata Bapak, saya diberi nama itu agar rajin sekolah, tidak seperti kakak yang katanya suka membolos," tambahnya sambil tertawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3