Pemprov Sumbar Bakal Gelar Salat Idul Adha di Kantor Gubernur

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 16:06 WIB
Ilustrasi salat
Ilustrasi salat (Foto: iStock/ kzenon)
Padang -

Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan bakal menggelar salat Idul Adha di halaman kantor Gubernur Sumbar. Warga yang hendak mengikuti salat Id diwajibkan mematuhi protokol pencegahan Corona.

"Penyelenggaraan Ibadah Idul Adha yang lebih dikenal Hari Raya Qurban akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19," kata Kepala Biro Mental dan Kesra Provinsi Sumbar Syaifullah, Selasa (7/7/2020).

Keputusan menggelar salat Id itu diambil lewat rapat yang dilakukan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumatera Barat. Dia mengatakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumbar, Duski Samad, bakal menjadi khatib.

"Panitia akan mempersiapkan segala kebutuhan di lapangan, baik memasang tali saf, mimbar, dan yang terpenting tentu sarana protokol kesehatan antisipasi penyebaran COVID-19. Kita juga tempatkan beberapa wastafel di pintu kedatangan dan alat pengukur suhu," kata dia.

Syaifullah juga mengatakan setiap orang wajib memakai masker dan membawa sajadah masing-masing. Masyarakat yang kurang sehat diminta beribadah di rumah.

"Jika kondisi cuaca tidak mendukung, pelaksanaan salat Idul Adha akan dipindahkan ke Masjid Raya (Sumatera Barat)," ujar Syaifullah.

Tonton video 'Menag: Insyaallah Salat Idul Adha Kenegaraan di Masjid Istiqlal':

(haf/haf)