Gugus Tugas Ungkap 17 Zona Merah Corona Jadi Zona Oranye, Ada Tangsel-Jaktim

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 15:00 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Sebanyak 17 kabupaten/kota yang tadinya merupakan zona risiko tinggi penularan virus Corona (zona merah) kini menjadi zona risiko sedang (zona oranye). Data tersebut dihimpun Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 per 5 Juli 2020.

Tim Pakar Gugus Tugas, Dewi Nur Aisyah, memaparkan status dan jumlah daerah dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Berikut datanya

Zona risiko tinggi (zona merah): 55 kabupaten/kota
Zona risiko sedang (zona oranye): 180 kabupaten/kota
Zona risiko rendah (zona kuning): 175 kabupaten/kota
Zona tanpa kasus baru (zona hijau): 43 kabupaten/kota
Tidak terdampak: 61 kabupaten/kota

"Kemudian kita melihat ada 17 kabupaten/kota yang masuk ke dalam zona risiko tinggi yang turun menjadi zona risiko sedang. 17 kabupaten/kota yang telah berhasil mengendalikan COVID-19 di daerahnya dari risiko tinggi turun menjadi risiko sedang," kata Dewi melalui Youtube BNPB, Selasa (7/7/2020).

Sementara itu, ada 36 kabupaten/kota yang statusnya turun dari zona sedang (oranye) menjadi risiko rendah (kuning). Ada pula 10 kabupaten/kota yang berhasil menjadi zona hijau.

"Ada 10 kabupaten kota berhasil mengubah dari zona risiko rendah masuk ke dalam zona hijau yaitu tidak ada kasus baru," kata dia.

Dewi mengatakan 10 kabupaten tersebut telah mampu mengendalikan penyebaran virus Corona selama 1 bulan terakhir. Sehingga total zona hijau per 5 Juli adalah 43 kabupaten/kota.

"Ini adalah 10 kabupaten kota yang telah berprestasi meskipun mereka pernah terdampak atau terdapat kasus positif COVID-19 di daerahnya namun berhasil menekan laju penularan sehingga dalam 4 pekan terakhir tidak ada kasus baru dan angka kesembuhan mencapai 100 persen," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3