Persiapan Sebelum Pengumuman Hasil SBMPTN

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 14:16 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Persiapan Sebelum Pengumuman Hasil SBMPTN (Ilustrasi: Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Pengumuman SBMPTN yang diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020 akan menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan dan juga menyedihkan bagi mereka yang sudah melakukan tes. Ada yang diterima dan ada juga yang belum diterima sehingga menjadi hal yang sangat penting. Apakah detikers adalah salah satu dari orang yang menunggu pengumuman tersebut ? Jika iya yuk lakukan persiapan berikut untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN:

Persiapkan Hati dan Mental Sebelum Membuka Pengumuman SBMPTN

Pertama, siapkan hati dan mental detikers sebelum melihat pengumuman hasil SBMPTN. Detiker harus tenang dan tidak grasah-grusuh saat melakukan pengecekan hasil SBMPTN. Jantung berdebar-debar ? Tidak masalah hal tersebut normal adanya karena detikers sedang menjalani waktu yang sangat penting. Jika terlalu panik lakukan tarik napas panjang dan keluarkan lewat mulut, bisa dengan sambil minum air agar tetap tenang. Dengan hati yang tenang maka apa pun hasilnya maka detikers tidak akan bereaksi secara berlebihan, apabila lolos maka tidak terlalu bahagia dan jika memang gagal pun tidak akan terlalu sedih dan tetap dapat berpikiran jernih.

Persiapkan Koneksi Internet yang Stabil Sebelum Membuka Pengumuman

Sebelum melihat pengumuman hasil SBMPTN sebaiknya juga cek jaringan internet detikers sendiri. Jangan sampai saat sudah memasuki waktu pengumuman ternyata kuotanya habis, atau sinyalnya hilang. Namun, walaupun internet sudah stabil tetapi terkadang juga website dari SBMPTN juga mengalami masalah, namun alangkah lebih baik untuk mempersiapkan jaringan sendiri karena masih banyak alternatif yang lain. Pastikan perangkat yang detikers gunakan ini terhubung dengan internet, jika pakai ponsel pastikan kuotanya ada dan pastikan tempat untuk mengakses internet memiliki banyak sinyal yang mendukung. i

Jangan Membuka Pengumuman pada Saat Baru Dibuka Situs Pengecekan Hasil SBMPTN

Selanjutnya jangan membuka pengumuman pada saat pengumuman baru dibuka. Tunggu beberapa menit sebab pada saat situs dibuka maka yang mengecek akan sangat banyak karena waktu tersebut lah yang menjadi salah satu waktu yang sangat luar biasa bagi semua yang telah menjalani tes SBMPTN. Detikers dapat membuka pada laman resminya yaitu https://pengumuman-sbmptn.ltpt.ac.id. Detikers dapat memberikan jeda waktu kurang lebih 10 menit sambil menata hati agar tidak terlalu berdebar-debar dan lebih tenang.

Jangan Lupa Siapkan Situs Alternatif untuk Melihat Pengumuman SBMPTN saat Situs Utama Mengalami Masalah dan Penurunan

Nah, jika detikers sudah siap jaringan internet dan sudah memberikan jeda waktu pengecekan tetapi tetap tidak terbuka pengumumannya maka detikers dapat melihat pengumuman SBMPTN di situs alternatifnya yaitu di beberapa universitas yang sudah ditunjuk secara resmi seperti https:// sbmptn.itb.ac.id dan nama perguruan tinggi yang lainnya. Detikers bisa langsung mengakses situs alternatif karena hampir setiap tahun situs utama selalu mengalami masalah karena kelebihan yang mengaksesnya.

Dari beberapa penjelasan di atas maka diharapkan detikers semua dapat siap baik secara mental dan juga siap dari segi apa pun untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN. Jangan sampai detikers malah sibuk sendiri dan tertinggal momen penting yang satu ini saat yang lain sudah mulai mengetahui hasil pengumumannya. Ingat detikers semuanya untuk tetap santai dan tidak terlalu membuat perayaan yang kurang baik saat lulus SBMPTN serta bagi yang tidak terima jangan putus asa karena masih ada tes mandiri yang siap menampung detikers.

(erd/erd)