Viral Pesepeda Lewati Trotoar Apung Palembang, Dispar: Itu buat Pejalan Kaki!

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 14:14 WIB
Screenshot viral pesepeda lintasi trotoar apung di Palembang
Foto: Screenshot viral pesepeda lintasi trotoar apung di Palembang
Palembang -

Video komunitas pesepeda yang melintasi trotoar terapung Sungai Sekanak, Palembang, Sumatera Selatan, kini menjadi sorotan. Komunitas pesepeda itu dianggap melanggar aturan.

Dilihat detikcom, Selasa (7/7/2020), sejumlah pesepeda tampak melintas di atas trotoar terapung. Padahal trotoar terapung itu ditujukan untuk pejalan kaki.

Tak dijelaskan detail kapan peristiwa itu terjadi. Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, mengatakan telah melihat video itu.

"Itu selayaknya untuk pejalan kaki, itu adalah pedestrian apung," kata Isnaini.

Dia mengatakan jalur khusus untuk pesepeda telah tersedia di atas atau tepat di sisi sungai. Menurutnya, trotoar apung atau yang berada di bawah sengaja dibuat untuk pejalan kaki.

"Kalau atas memang itu untuk sepeda ya, tapi kalau di bawah itu pedestrian apung namanya dan diutamakan untuk pejalan kaki. Saya lihat, fotonya juga saya sudah lihat banyak," kata Isnaini.

Isnaini mengatakan sebenarnya konstruksi trotoar apung kemungkinan tahan untuk dilintasi pesepeda. Namun, dia khawatir jika pesepeda terus-menerus melintas bakal merusak trotoar apung.



"Secara konstruksi itu mungkin tahan, tetapi kalau terus menerus pasti tidak tahan juga. Kalau soal fungsi, itu yang bukan fungsinya untuk pesepeda," tutup Isnaini.

Trotoar terapung Sungai Sekanak berlokasi di sebelah kantor wali kota, Jalan Merdeka. Sungai Sekanak, yang merupakan aliran Sungai Musi, sengaja ditata agar bisa menjadi spot wisata baru.

(ras/haf)