Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung

Sachril Agustin B - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 09:30 WIB
BIN jabar gelar rapid test dan swab test di gedung sate
Ilustrasi pelaksanaan rapid test. (Yudha Maulana/detikcom)
Kabupaten Bogor -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar rapid test di Pamijahan. Rapid test digelar ke warga yang menonton pedangdut Rhoma Irama saat menyanyikan beberapa lagu ketika diundang pemilik acara, Surya Atmadja.

"Pukul 09.00 WIB mulai (rapid test). Iya pokoknya (pelaksanaan rapid test) di alamatnya Pak Haji (Surya Atmadja), ya," kata Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2PKL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Dedi Syarif, ketika dihubungi, Selasa (7/7/2020).

Rapid test ini dilaksanakan di Kampung Cisalak Satu RT 01 RW 14, Desa Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dedi mengatakan sekitar 40 tenaga medis diturunkan dalam pelaksanaan rapid test ini.



"Kita bawa 500 (alat) rapid (test) dan 100 (alat) swab, ya," lanjutnya.

Dia menambahkan ada 187 orang yang sudah di-tracking dari acara Surya Atmadja. Ke-187 itu, kata Dedi, adalah keluarga Surya Atmadja, warga sekitar, dan panitia acara. Dedi mengatakan warga sekitar akan diajak ikut dalam pelaksanaan rapid test ini.



"Biasanya sih sekitaran pukul 14.00 WIB beres (pelaksanaan rapid test selesai dilakukan)," tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan melakukan rapid rest ke warga yang datang melihat pedangdut Rhoma Irama menyanyikan beberapa lagu saat datang ke acara khitanan anak Surya Atmadja di Pamijahan. Rapid test akan dilakukan pekan depan.

"(Rapid test hari) Selasa (tanggal) 7 (Juli), kesiapan dinkes (dinas kesehatan) kan. Iya bertahap dulu kita, dari lingkungan terdekat dulu. Kalau memang (alat) rapid-nya banyak, nanti kita coba lagi (lakukan rapid test)," kata Bupati Bogor Ade Yasin, di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (3/7).

(dkp/dkp)