Naik Drastis 71 Kasus, Total Positif Corona di Sumsel Jadi 2.326

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 20:42 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi (iStock)
Palembang -

Kasus positif Corona (COVID-19) di Sumatera Selatan (Sumsel) kini kembali mengalami peningkatan drastis. Tercatat ada 71 kasus baru hari ini dan total sudah mencapai 2.326 kasus.

"Hari ini terjadi penambahan kasus COVID-19 sebanyak 71. Angka ini didominasi dari Palembang dan Panukal Abab Lematang Ilir (PALI)," tegas juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumsel, Yusri, kepada wartawan, Senin (6/7/2020).

Di Palembang, kata Yusri, ada penambahan kasus baru sebanyak 37 orang dan di PALI 26 orang, Banyuasin 6 orang, Ogan Ilir 1 orang, dan OKI 1 orang. Tingginya kasus positif di daerah PALI disebut Yusri karena ada klaster baru.

"Selain kasus positif ada juga penambahan kasus sembuh sebanyak 14 orang. Artinya total kasus sembuh keseluruhan mencapai 1.183 orang," tegas Yusri.

Sementara Ketua Gugus Tugas COVID-19 PALI Junaidi Anuar mengatakan klaster baru berasal dari keluarga salah seorang pasien PDP yang telah meninggal dunia. Pasien itu dimakamkan pada 23 Juni lalu.

"Benar, ada klaster baru kasus COVID-19 di PALI. Itu setelah kita lakukan tracking dari keluarga pasien PDP yang meninggal dunia dan hasil swab positif COVID-19," katanya.

Terkait jumlah klaster baru, Junaidi masih melakukan pendataan. Di mana pihaknya sudah melakukan tracking menyeluruh di Kelurahan Bhayangkara, PALI.

Setelah ada penambahan 26 kasus baru di PALI hari ini, tercatat ada 51 kasus positif dan 15 kasus sembuh. Untuk penyebaran transmisi lokal, saat ini masih dilakukan tracking secara maksimal oleh tim Gugus Tugas COVID-19 PALI.

(ras/jbr)