Cek Hasil PPDB Sumbar untuk SMA dan SMK Klik di ppdbsumbar.id

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 16:29 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Foto: Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)/Cek Hasil PPDB Sumbar untuk SMA dan SMK Klik di ppdbsumbar.id
Jakarta -

Calon siswa Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Sumbar untuk SMA dan SMK mungkin sekarang sedang deg-degan menunggu hasil. Pengumuman hasil PPDB Sumbar atau Sumatera Barat bisa diketahui dengan mengklik link ppdbsumbar.id.

"Pengumuman Lulus tetap sesuai Jadwal adalah Tanggal 7 Juli 2020. Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Tahap 1 masih berlangsung sampai dengan Tanggal 6 Juli 2020," tulis laman tersebut dilihat detikcom pada Senin (6/7/2020).

Situs ppdbsumbar.id saat ini memang sudah menampilkan hasil seleksi PPDB Sumbar untuk SMA dan SMK. Namun seperti tertulis di situs PPDB Sumbar, hasil tersebut bersifat sementara dalam rangka uji publik.

Bila hasil PPDB Sumbar untuk SMA diklik, ada dua catatan yang harus diperhatikan para peserta. Catatan pertama menyatakan, data hasil perangkingan sistem ini akan diverifikasi terlebih dahulu sebelum dinyatakan final pada hasil seleksi.

Bagi calon peserta yang datanya belum lengkap dipersilakan update data pada halaman pendaftaran agar data anda bisa diverifikasi. Situs PPDB Sumbar juga menyatakan, tim verifikasi sedang bekerja melaksanakan tugasnya.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah kesalahan peserta saat memasukkan jarak dari rumah ke sekolah. Peserta masih bisa memperbaikinya sebelum pengumuman terakhir pada Selasa (7/7/2020).

Seperti yang tertulis dalam situs, peserta PPDB Sumbar yang salah input jarak rumah ke sekolah pilihan bisa mengisi google form yang disediakan. Tindakan serupa bisa dilakukan sesama peserta yang mengetahui salah input jarak rumah ke sekolah.

Pengumuman hasil PPDB Sumbar untuk SMA dan SMK berlaku untuk pendaftaran tahap satu atau pertama. Tahap satu untuk PPDB Sumbar untuk SMA berlaku untuk jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua. Sementara tahap satu PPDB Sumbar untuk SMK berlaku bagi yang mengikuti tes minat bakat.

Setelah pengumuman, tahap selanjutnya adalah daftar ulang pada 7-8 Juli 2020 untuk peserta PPDB Sumbar SMA dan SMK yang lulus. Sebelumnya, peserta telah melalui tahap pendaftaran dan seleksi yang dilakukan pada 29 Juni hingga 6 Juli 2020.

(row/pal)