RI Dapat Rp 812 M dari Norwegia karena Sukses Turunkan Emisi Karbon

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 15:26 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (Dok. KLHK)
Jakarta -

Indonesia mendapat USD 56 juta atau setara Rp 812 miliar karena berhasil menurunkan emisi karbon. Jumlah penurunan emisi yang berhasil dicapai Indonesia pada 2016-2017, yang hendak dibayarkan tersebut adalah 11,2 juta ton CO2eq.

"Atas prestasi itu, 2 Juli sudah ada joint consultation group dari Indonesia, ada Wamen LHK dan Wamenlu, dari Dubes Norwegia dan staf khusus iklim dari Norwegia, disepakati 11 juta ton atau senilai dana USD 56 juta atau sekitar Rp 800 miliar itu yang terkait pembayaran prestasi komitmen Indonesia terhadap penurunan emisi gas rumah kaca," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar seusai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, yang disiarkan di saluran YouTube Setpres, Senin (6/7/2020).

Siti mengatakan dana tersebut akan disalurkan lewat Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup. Presiden Jokowi berpesan penggunaan dana untuk pemulihan lingkungan.

"Arahan presiden yang paling penting itu dipakai untuk pemulihan lingkungan, apakah pembibitan mangrove misalnya, pemulihan gambut misalnya atau penyelesaian lahan kritis," ucap Siti.

Seperti dilansir Antara, uang itu merupakan pembayaran berbasis hasil sebagaimana isi kerja sama Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD+).

Selanjutnya
Halaman
1 2