Cerita Satpam Rumah Tertawa Dengar Info Djoko Tjandra Disebut 3 Bulan di RI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 14:55 WIB
Djoko Tjandra
Djoko Tjandra (Tangkapan Layar dari 20detik)
Jakarta -

Keberadaan Djoko Tjandra alias Joko Soegiarto Tjandra belum diketahui rimbanya. Informasi terakhir menyebutkan Djoko Tjandra berada di Kuala Lumpur, Malaysia, tetapi aparat penegak hukum masih melakukan penelusuran.

Terlepas dari itu, kabar Djoko Tjandra kembali heboh lantaran bisa mengurus e-KTP secepat kilat di Kelurahan Grogol Selatan, Jakarta Selatan, pada 8 Juni 2020. Di hari yang sama pula, Djoko Tjandra mendaftarkan gugatan peninjauan kembali (PK) perkaranya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Dari penelusuran e-KTP itu, diketahui Djoko Tjandra beralamat di salah satu kawasan mewah di Simprug, Kebayoran Lama. Rumah itu rupanya sudah lama tidak ditinggali Djoko Tjandra.

"Sudah lama (Djoko Tjandra berada di rumah) ya waktu dulu kapan tuh tahun berapa, lupa juga saya," kata Rusdi, petugas satpam rumah tersebut, saat ditemui, Senin (6/7/2020).

Tampak rumah itu tengah direnovasi. Rusdi menyebut renovasi dilakukan lantaran banyak rayap.

"Ya karena rumahnya kosong kemarin banyak rayap. Kusennya pada diganti," ujarnya.

Rusdi mengaku tidak tahu di mana Djoko Tjandra kini berada. Dia hanya tahu bertugas menjaga rumah itu. Namun, saat mendengar kabar ramai-ramai bahwa Djoko Tjandra sudah berada di Indonesia, Rusdi mengaku hanya tertawa.

"Ya saya cuma ketawa saja di mana dia tinggal. Siapa yang bilang 3 bulan dia ada di Indonesia. Nah saya ketawa saja dengarnya ya rumah beliau di sini ya seumpamanya dia ada di mana, yang penting dia tidak tinggal di sini selama 3 bulan mereka pada bilang," kata Rusdi.

Diketahui, Djoko Tjandra, yang kini memiliki KTP elektronik atau e-KTP dengan nama Joko Soegiarto Tjandra, membuat geger. Buron sejak 2009 itu ternyata dengan mudah membuat e-KTP sehari jadi.

Diketahui sebelumnya, Djoko Tjandra datang sendiri ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada 8 Juni 2020 untuk mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK) atas perkara yang membelitnya. Untuk mengajukan PK, Djoko Tjandra memang harus datang secara fisik serta melampirkan identitas e-KTP.

Tonton video 'Komisi III akan Panggil Dukcapil DKI Terkait e-KTP Djoko Tjandra':

(dhn/dhn)