Wali Kota Bengkulu Minta Pelaku Usaha Disiplin Protokol Kesehatan

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 14:41 WIB
Pemkot Bengkulu
Foto: Dok. Pemkot Bengkulu
Jakarta -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bengkulu bekerja sama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0407 Bengkulu mengadakan sosialisasi protokol kesehatan dalam tatanan kehidupan baru atau New Normal untuk para pelaku usaha. Wali Kota sekaligus Ketua Gugus Tugas COVID-19 Bengkulu Helmi Hasan menegaskan agar para pelaku usaha disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Melalui sosialisasi ini, kita minta para pelaku usaha terus mengedepankan protokol kesehatan dalam menjalani usahanya yang mengundang kerumunan massa seperti pemilik hotel, restoran dan lainnya," kata Helmi dalam keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Ia menambahkan, pemerintah mengedepankan keselamatan masyarakat dalam penerapan tatanan kehidupan baru. Ia pun mengimbau masyarakat menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona.

"Menyambut tatanan kehidupan baru, pemerintah tidak akan mengabaikan virus ini maupun masyarakat. Yang awalnya kita berperang dengan berdiam diri di rumah kali ini kita harus lebih membiasakan diri dengan virus ini tapi tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan yang lainnya guna mewujudkan zona hijau kembali di Kota Bengkulu," ungkap Helmi.

Dandim 0407 Bengkulu Letkol Inf. Uchi Cambayong menyampaikan, penanganan COVID-19 di berbagai aspek kehidupan telah dilakukan tim gugus tugas. Ia memaparkan, ada sejumlah strategi yang akan diterapkan untuk membuat langkah penanganan yang tepat.

"Kita telah melakukan berbagai penanganan COVID-19 dari berbagai aspek dengan terus mengimbau masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan serta penanggulangan dampak akibat COVID- 19 ini. Dan beberapa strategi telah kita canangkan dalam menangani COVID- 19 ini," kata Uchi.

Kegiatan sosialisasi, timpal Uchi, dibuat guna mewujudkan status Kota Bengkulu sebagai zona hijau COVID-19. Agenda serupa akan dijalankan di tingkat kabupaten dan provinsi.

"Melalui sosialisasi ini kita ingin mewujudkan zona hijau di Kota Bengkulu dengan berbagai pertimbangan dalam menghadap tatanan kehidupan baru. Nantinya kegiatan seperti ini akan kita canangkan ke kabupaten serta provinsi agar berkesinambungan dalam menghadapi tatanan kehidupan baru ini," ungkap Uchi.

Ia melanjutkan, pihaknya akan memerika penerapan protokol kesehatan di tempat usaha sebelum kembali beroperasi. Ia lantas meminta pelaku usaha untuk taat pada peraturan yang telah dibuat untuk mencegah penularan.

"Untuk para pelaku usaha kita minta ikuti peraturan yaitu menerapkan protokol kesehatan. Sebelum usahanya kembali dijalankan kita akan memeriksa apakah para pelaku usaha ini sudah menerapkan protokol kesehatan atau belum saat menjalankan usahanya kembali," tuntas Uchi.

(prf/ega)