Reshuffle Kabinet Jilid V Jokowi, Rabu Pon atau Pahing?

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 13:02 WIB
Pelantikan kabinet indonesia kerja, pelantikan menteri jokowi, jokowi, prabowo subianto, luhut pandjaitan
Presiden Jokowi (Kanavino/detikcom).

Soal Rabu Pon

Dalam penghitungan Jawa, setiap hari memiliki sifat. Hari Rabu memiliki sifat penuh rasa tanggung jawab, luwes, dan suka dengan banyolan.

Soal neptu, hari Rabu (Budha) bernilai tujuh, biasa dimaknai sebagai pertolongan karena dalam bahasa Jawa angka tujuh disebut 'pitu', mirip dengan kata 'pitulungan'. Lantas bagaimana dengan Rabu Pon?

Rabu punya bobot nilai 7, Pon juga punya bobot nilai 7. Bila dijumlahkan, maka menjadi 14. Makna baik angka 14 adalah mudah beradaptasi, perhatian, dan baik hati, namun sedikit malas.

Itu adalah tabiat manusia berdasarkan penjumlahan hari dan hari pasaran. Tidak ada penjelasan ilmiah lebih rinci mengenai ini. Apabila kelahiran kabinet dianalogikan sebagai kelahiran manusia, maka kabinet yang lahir pada Rabu Pon berarti sifatnya adalah seperti tercantum di atas.

Ada lagi penghitungan berdasarkan pembagi 7. Namun neptu hari sebagai dasar penghitungan harus diubah terlebih dahulu. Bila yang digunakan adalah penghitungan berdasarkan pembagi 7, maka didapatkan nilai Rabu Pon adalah 10. Angka 10 harus dibagi 7, maka sisanya adalah 3. Angka sisa inilah yang ditafsirkan.

Tafsir dari penghitungan Rabu Pon adalah "Satriya Wibawa" yang artinya orang yang selalu mendapatkan keberuntungan

Soal Rabu Pahing

Selain Rabu Pon, Jokowi juga me-reshuffle kabinet di hari Rabu Pahing. Bila dihitung-hitung, Rabu mempunyai bobot 7 dan Pahing berbobot 9, maka jumlahnya adalah 16.

Jumlah penghitungan 16 artinya orang memiliki kreativitas tinggi, ramah, rezeki berlimpah, pandai berkata-kata, dan sedikit keras kepala.

Bila menggunakan pembagi 7, maka Rabu Pahing memunculkan hasil penghitungan 'tunggak semi'. Artinya, orang yang lahir di Rabu Pahing berarti pandai mengatur keuangan dan akan selalu memiliki rezeki yang berkecukupan.

Menteri-menteri Kabinet Jokowi, menteri jokowi,Menteri-menteri Kabinet Jokowi (BPMI Setpres)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4