Tim SAR Evakuasi 4 Pendaki Alami Hipotermia di Gunung Bawakaraeng Sulsel

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 12:53 WIB
Tim SAR gabungan mengevakuasi empat pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulsel (dok. Istimewa).
Foto: Tim SAR gabungan mengevakuasi empat pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulsel (dok. Istimewa).
Makassar -

Tim SAR gabungan mengevakuasi empat pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulsel. Ketempat pendaki tersebut, terpisah dari rombongannya yang turun lebih dulu meminta pertolongan.

Kepala Kantor Badan SAR Nasional Makassar Mustari dalam keterangannya, menyebutkan keempat pendaki berasal dari dua kelompok pendaki berbeda yang dilaporkan mengalami hipotermia atau penurunan suhu tubuh secara drastis di bawah normal, saat turun dari puncak Gunung Bawakaraeng.

"Tiga pendaki sementara dievakuasi oleh tim SAR gabungan di Pos 8 Gunung Bawakaraeng, sedangkan satu pendaki lainnya di Posko 7," ujar Mustari, Senin (6/7/2020).

Ketiga pendaki remaja yang mengalami hipotermia di Pos 8 yaitu Safar (18), Indra (18), dan Agung (18), diketahui mendaki bersama 4 rekannya pada Jumat lalu (3/7), sedangkan yang mengalami hipotermia di Pos 7 yaitu Rama (20) berasal dari kelompok pendaki berbeda.

"Saat tim SAR dalam perjalanan mengevakuasi tiga pendaki di Pos 8, tim menerima laporan juga dari rombongan pendaki lain bahwa ada satu korban, Rama (20) yang mengalami hipotermia di Posko 7 menuju ke Posko 6 arah turun ke Posko Lembanna," pungkas Mustari.

Gejala Hipotermia yang dialami pendaki di Gunung Bawakaraeng seringkali berisiko kematian. Kasus terakhir, Anugerah Putra (31), meninggal dunia akibat hipotermia saat mendaki Gunung Bawakaraeng, pada 2 Januari lalu, saat merayakan tahun baru 2020 bersama kawannya di Gunung Bawakaraeng.

(nvl/nvl)