Daftar Link Pengumuman SBMPTN 2020 Resmi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 11:39 WIB
ilustrasi snmptn 2017
Daftar Link Pengumuman SBMPTN 2020 Resmi. (ilustrasi: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

detikers, pengumuman hasil SBMPTN 2020 bisa diakses melalui link pengumuman SBMPTN 2020 di https://pengumuman.sbmptn.ac.id maupun https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Rencananya hasil SBMPTN 2020 akan diumumkan pada 20 Agustus 2020 mendatang.

Perubahan jadwal ini memengaruhi waktu pelaksanaan UTBK hingga jadwal dirilisnya pengumuman SBMPTN. Detail perubahan jadwal UTBK dan pengumuman hasil adalah sebagai berikut:

  • Penyelenggaraan UTBK berubah menjadi:

    • 5 sampai dengan 14 Juli 2020

    • 20 sampai dengan 29 Juli 2020

  • Pengumuman hasil SBMPTN menjadi tanggal 20 Agustus 2020

Sementara itu, pengumuman SBMPTN secara garis besar masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu diumumkan secara online melalui website resmi link pengumuman SBMPTN 2020. Pengumuman juga bisa dilihat di laman LTMPT, yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang berwenang menyelenggarakan seleksi masuk universitas di Indonesia. LTMPT berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Daftar Link Pengumuman SBMPTN 2020

Seperti sebelumnya, kamu bisa mengakses pengumuman hasil SBMPTN melalui link pengumuman SBMPTN 2020 di https://pengumuman.sbmptn.ac.id maupun https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Tak perlu bingung dengan perbedaan alamat website karena keduanya sama-sama merupakan portal resmi SBMPTN sehingga pengumuman yang tercantum di sana pasti benar.

Di samping itu, kamu juga bisa mengakses link pengumuman SBMPTN 2020 lainnya melalui laman mirror yang dimiliki oleh 12 perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia. Daftar PTN serta alamatnya adalah sebagai berikut:

  1. Universitas Indonesia (http://sbmptn.ui.ac.id/).

  2. Institut Teknologi Bandung (http://sbmptn.itb.ac.id/).

  3. Universitas Diponegoro (http://sbmptn.undip.ac.id/).

  4. Institut Teknologi Sepuluh November (http://sbmptn.its.ac.id/).

  5. Universitas Gadjah Mada (http://sbmptn.ugm.ac.id/).

  6. Insitut Pertanian Bogor (http://sbmptn.ipb.ac.id/).

  7. Universitas Airlangga (http://sbmptn.unair.ac.id/).

  8. Universitas Andalas (http://sbmptn.unand.ac.id/).

  9. Universitas Sriwijaya (http://sbmptn.unsri.ac.id/).

  10. Universitas Syiah Kuala (http://sbmptn.unsyiah.ac.id/).

  11. Universitas Tanjungpura (http://sbmptn.untan.ac.id/).

  12. Universitas Hasanudin (http://sbmptn.unhas.ac.id/).

Penyesuaian Baru untuk SBMPTN 2020

Perubahan yang diterapkan untuk penyelenggaraan UTBK bukan hanya berkaitan dengan tanggal penyelenggaraannya, tapi juga jumlah sesi yang perlu diikuti masing-masing peserta. Jika normalnya tes UTBK terdiri atas 4 (empat) sesi, perubahan yang diterapkan mengurangi jumlah sesi menjadi hanya 2 (dua) sesi untuk tes UTBK. Tujuannya adalah agar ada waktu cukup untuk melakukan disinfeksi ruangan tes pada jeda antara sesi pertama ke sesi berikutnya.

Dan karena ada pengurangan jumlah sesi, tes UTBK hanya akan menguji materi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang tujuan utamanya adalah mengukur kemampuan kognitif peserta. Kemampuan kognitif ini berkaitan dengan logika, penalaran, dan pemahaman umum, namun di luar aspek kemampuan akademik.

Di samping itu, pendaftaran UTBK dan SBMPTN kali ini memang dilaksanakan secara bersamaan. Artinya, kamu juga harus memilih di mana lokasi Tes Pusat UTBK sekaligus PTN serta program studi yang kamu daftarkan.

Sedangkan untuk kelompok ujian yang kamu ikuti, ketentuannya masih sama yaitu mengikuti apa kelompok program studi yang kamu pilih. Jadinya, kalau program studi pilihanmu semuanya masuk dalam kelompok Saintek, kamu akan ikut kelompok ujian Saintek. Sedangkan jika program studi pilihanmu semuanya adalah kelompok Soshum, kamu pun akan ikut kelompok ujian Soshum.

Sedangkan jika semua program studi pilihanmu masuk ke dalam kelompok Soshum dan Saintek, kamu akan ikut kelompok ujian Soshum dan Saintek juga.

Nah, pada 20 Agustus 2020 nanti jangan lupa mengakses pengumuman hasil SBMPTN melalui link pengumuman SBMPTN 2020 di https://pengumuman.sbmptn.ac.id maupun https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Tonton video 'Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri':

(erd/erd)