Kapal Guide di Buton Nyaris Tenggelam Dihantam Ombak, 5 Orang Dievakuasi

Sitti Harlina - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 23:37 WIB
Kapal Tenggelam di Perairan Buton
Foto: Dok. Istimewa
Buton -

Kapal Guide DCDC mengalami kecelakaan di Perairan Malaoge, Kabupaten Buton karena dihantam ombak. Tim SAR pun menyelamatkan penumpang kapal yang nyaris tenggelam tersebut.

Kepala SAR Kendari, Aris Sofingi, menuturkan bahwa pihaknya menerima laporan dari Guntur yang merupakan salah seorang penumpang kapal. Dia, sebut Aris, melaporkan terkait kecelakaan kapal yang terjadi di Perairan Malaoge, Kabupaten Buton.

"Sekitar pukul 15.20 Wita kami menerima informasi dari Guntur bahwa sebuah kapal Guide DCDC dengan jumlah 5 orang penumpang dihantam ombak dan kemasukan air sehingga posisi kapal setengah terbalik," kata Aris saat dikonfirmasi, Minggu (5/7/2020).

Aris menyebut akibat kejadian itu kapal mengalami mati mesin. Berdasarkan Laporan tersebut, pada pukul 15.30 Wita, tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR.

"Pada pukul 17.10 Wita tim rescue pos SAR Wakatobi bersama unsur yang terlibat berhasil menemukan kapal tersebut Dalam keadaan kapal setengah tenggelam," katanya.

"Langsung dievakuasi ke daratan terdekat yaitu Pelabuhan Rakyat Malaoge mengingat keadaan cuaca dan tinggi gelombang yang tidam memungkinkan untuk kembali ke Wanci saat itu. Pada pukul 18.05 WITa tim sar gabungan beserta 5 orang korban tiba dengan selamat," pungkasnya.

(maa/maa)