Saksi Dengar 2 Kali Suara Ledakan di Menteng: Keluar Asap Putih

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 22:33 WIB
Tim Gegana sisir rumah korban ledakan Menteng. (Foto: Luqman/detikcom)
Foto: Tim Gegana sisir rumah korban ledakan Menteng. (Foto: Luqman/detikcom)
Jakarta -

Ledakan berdaya ledak rendah terjadi di Menteng, Jakarta Pusat sore tadi. Warga sempat mendengar suara ledakan tersebut.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat. Salah satu pedagang yang biasa berjualan di sekitar lokasi mengaku, mendengar suara ledakan sebanyak dua kali. Menurutnya, ledakan itu terdengar sekitar pukul 14.45 WIB.

"Kayaknya dua sih (ledakannya). Kita dagang jam 14.15 WIB (siang), kejadiannya jam 14.45 WIB," ujar pedagang bernama Sukan saat ditemui di lokasi, Minggu (5/7/2020).

Menurutnya, setelah ledakan pertama, terlihat ada asap keluar. Setelah ada ledakan kedua, mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi dan menyiramkan air.Sukan menjelaskan dua ledakan itu terdengar berselang 10 menit. Ledakan itu bersumber dari sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport.

"(Ledakan) pertama itu sih (asap) rada putih, tapi kedua ngebulnya kayak orang kebakaran, (ledakan) kedua blangbir datang," katanya.

Meski demikian, Sukan juga tidak mengetahui secara detil kronologi kejadian. Lokasi tempatnya berjualan sekitar 500 meter dari tempat kejadian.

"Saya lihat di sini doang, dari jauh. Tapi orang nanya 'pak tahu nggak?' Nggak tahu menahu, saya nggak tahu," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, terjadi ledakan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Ledakan yang diduga dari sejenis petasan itu mengenai mobil pemilik rumah di lokasi ledakan.

"Ban sebelah kiri bocor karena saya lihat ada pipa itu masuk ke dalam ban itu sehingga bannya kempes," kata Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020).

"Mobil milik pemilik rumah," imbuhnya.

Heru menjelaskan ledakan itu berupa low explosive. Sebab, dari pemeriksaan sementara di tempat kejadian perkara (TKP) tak terlihat dampak ledakan di aspal.

"Yang sudah kita lihat ada pecahan plastik, ada beberapa pecahan seperti plastiklah, ada pipa gitu juga, tapi kalau kita simpulkan kita sudah bisa menyatakan kalau itu low explosive.

"Jadi ledakan kecil, karena dampaknya di aspal juga tidak ada luka, kemudian di kanan-kiri juga tidak ada kaca pecah," tuturnya

(imk/imk)