Cerita Peserta UTBK Bermasker-Sarung Tangan Saat Tes: Tertib Meski Kepanasan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 14:02 WIB
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ujian masuk universitas itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan.
UTBK di UNJ (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2020 berlangsung di tengah pandemi virus Corona. Protokol kesehatan wajib diikuti oleh para peserta ujian, termasuk memakai masker dan sarung tangan.

Protokol ini juga diikuti oleh para peserta UTBK di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selama beberapa jam, para peserta UTBK yang bermasker dan memakai sarung tangan tampak konsentrasi mengerjakan soal ujian di hadapan komputer masing-masing. Beberapa di antara mereka juga memakai face shield.

Salah satu peserta UTBK bernama Kezia (18) merasa ada pengalaman berbeda bagi angkatannya di tengah segala keterbatasan ini. Meskipun kepanasan, dia tetap tertib mengikuti protokol yang ditetapkan.

"Kalau menurut aku sih, kan angkatan kebetulan angkatan Corona kan. Kalau menurut aku sih seru saja sih soalnya kita suruh pakai face shield, sarung tangan, gitu-gitu. Cuma paling kendalanya agak panas, gitu-gitu aja sih," kata Kezia usai mengikuti UTBK di UNJ, Jalan R Mangun Muka Raya, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur (Jaktim), Minggu (5/7/2020).

Peserta UTBK di di UNJ (Sachril/detikcom)Cerita Peserta UTBK Bermasker-Sarung Tangan Saat Tes: Tertib Meski Kepanasan/Peserta UTBK di UNJ (Sachril/detikcom)

Peserta ujian lainnya, Alina (18), mengatakan kewajiban memakai masker dan sarung tangan saat mengikuti UTBK sudah bagus. Menurutnya, protokol kesehatan yang dilakukan ini adalah bentuk pengamanan diri.

Alia pun mengaku optimistis bisa mendapatkan hasil memuaskan dari UTBK ini. Dia ingin bisa kuliah di UNJ dengan jurusan Ilmu Komunikasi.

"Nggak sih, nggak ribet (penerapan protokol kesehatan UTBK). Bagus-bagus saja. Rasa khawatir (tertular) ada sih, cuma gimana, ya. Kalau misalnya mau coba tahun depan kelamaan. Mau nggak mau harus ikut tahun ini," ungkap Alina.

Peserta UTBK di di UNJ (Sachril/detikcom)Peserta UTBK di UNJ (Sachril/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2