Di Kawasan Bundaran HI, Banyak Pesepeda Tak Pakai Lajur Khusus

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 09:30 WIB
Pesepeda-pelari di Bundaran HI, Minggu (5/7) pagi.
Pesepeda di Bundaran HI, 5 Juli 2020 (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Pesepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, masih menggunakan lajur kendaraan meski sudah disediakan pop-up bike lanes di sebelah kiri. Kadishub Syafrin Liputo menyebut hal ini terjadi lantaran adanya mix traffic atau pencampuran lalu lintas.

Pesepeda di Kawasan Bundaran HI banyak yang tidak menggunakan jalur kiri khusus yang sudah disediakan pop-up bike lanes. Mereka terlihat membaur menyebar ke lajur kendaraan. Nampak dari mereka berimpitan dengan pengguna kendaraan roda dua ataupun roda empat.

"Artinya di sini ada mix traffic. Namun untuk pesepeda, kami sudah siapkan lajur paling kiri, sehingga kita berharap bahwa mereka dalam melakukan pergerakan dengan sepedanya itu menggunakan lajur paling kiri," Kata Syafrin saat ditemui detikcom di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020).

Syafrin mengatakan kawasan Sudirman-Thamrin memang tidak dilakukan penutupan arus lalu lintas karena CFD ditiadakan. Namun untuk pesepeda, lajur kiri sudah disiapkan khusus untuk mereka.

"Memang di kawasan Sudirman-Thamrin ini tidak dilakukan penutupan jalan karena kita tidak mengadakan kawasan ini sebagai kawasan khusus pesepeda ataupun HBKB," katanya.

Syafrin menyebut pihaknya akan mengevaluasi terkait antusiasme warga yang masih berolahraga di kawasan Bundaran HI.

"Kami akan evaluasi, kami akan laporkan ke Ketua Gugus Tugas seperti apa mekanismenya," tandasnya.

Tonton video 'CFD Sudirman- Thamrin Ditiadakan, Ini 32 Kawasan Khusus Pesepeda':

Selanjutnya
Halaman
1 2