Soal Kalung 'Antivirus' Corona Kementan, Anggota Komisi IX DPR: Belum Teruji

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 08:45 WIB
Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay
Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay mengkritik rencana Kementerian Pertanian (Kementan) bakal memproduksi massal kalung antivirus Corona. Pasalnya, penelitian terhadap kalung tersebut dinilai belum teruji ampuh sebagai penangkal Corona.

"Menurut saya, hasil penelitian Kementan tersebut masih perlu diuji lebih lanjut lagi. Pasalnya, penelitian tersebut dinilai belum benar-benar terbukti ampuh sebagai antivirus Corona. Apalagi, masih ada beberapa lembaga penelitian dan peneliti yang meragukan efektivitas bahan eucaplyptus tersebut," kata Saleh kepada wartawan, Sabtu (4/7/2020).

Saleh mengatakan seluruh dunia saat ini memang tengah membutuhkan obat atau vaksin virus Corona. Dia menilai penelitian dari Kementan yang belum teruji ini nantinya bisa menjadi bumerang jika hanya sekadar klaim ampuh mencegah Corona.

"Kalau benar Kementan menemukan antivirus Corona, tentu itu sangat membanggakan. Namun jika klaim antivirus Corona itu nanti ternyata tidak terbukti, bisa jadi akan ada penilaian tidak baik," ucap Saleh.

Tonton video 'Heboh Kalung Antivirus Corona Kementan, Terbuat dari Apa Sih?':

Selanjutnya
Halaman
1 2