Round-Up

Jokowi Minta Rektor Cetak Mahasiswa Unggul Sambut Bonus Demografi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 08:16 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

Dia memandang saat ini Indonesia memiliki bonus demografi untuk mencetak SDM unggul. Bonus itu, menurutnya dapat membawa Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi di masa 25 tahun mendatang.

"Bapak-Ibu yang saya hormati, semua itu harus kita lakukan dengan cepat, dengan sangat segera. Mari kita manfaatkan puncak bonus demografi ini untuk mencetak generasi muda yang unggul, untuk membangun Indonesia maju. Satu abad republik Indonesia sudah dekat di 2045 nanti. Tinggal 25 tahun lagi. Mari kita cetak sejarah, mari kita buktikan bahwa kita tidak akan terjebak pada middle income trap. Mari kita buktikan bahwa di tahun 2045 nanti Indonesia mampu menjadi negara berpenghasilan tinggi yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Dalam sambutannya itu, Jokowi juga menyinggung soal perkuliahan di masa pandemi. Bagi Jokowi pandemi virus Corona (COVID-19) memaksa masyarakat, termasuk sivitas akademika, melakukan cara-cara baru dalam menuntut ilmu seperti metode kuliah daring yang kini telah berkembang.

"Kuliah daring, yang selama ini sangat lamban dijalankan, sekarang sangat-sangat berkembang. Kuliah daring telah menjadi new normal dan bahkan menjadi next normal dan saya yakin akan tumbuh normalitas-normalitas baru yang lebih inovatif dan lebih produktif," ujar Jokowi, Sabtu (4/7/2020).

Di sisi lain, kepala negara memahami kompleksnya dunia pendidikan tinggi. Ada yang sudah berkembang dan maju, tetapi ada juga yang memiliki fasilitas kurang memadai.

"Saya paham bahwa permasalahan pendidikan tinggi sangat kompleks, saya paham. Saya paham ada ribuan anggota Forum Rektor Indonesia dengan kemampuan yang bervariasi. Ada yang sudah berkompetisi di dunia, tetapi masih ada yang berjuang dengan kekurangan dosen yang perpustakaannya tidak layak, yang ruang kelasnya tidak memadai. Saya paham," ujarnya.

Halaman

(abw/fas)