Tak Ada CFD, Pesepeda-Pelari di Bundaran HI Tetap Padati Jalur Kendaraan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 08:05 WIB
Pesepeda-pelari di Bundaran HI, Minggu (5/7) pagi.
Pesepeda-pelari di Bundaran HI, Minggu (5/7) pagi. (Foto: Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat sudah ditiadakan. Namun, masih banyak warga yang bersepeda atau berolah raga lari dan mengambil jalur kendaraan.

Pantauan detikcom di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020), sekitar pukul 6.34 WIB warga yang didominasi pesepeda berdatangan dari semua sisi ruas jalan. Warga yang terdiri atas orang tua, remaja, hingga anak-anak terlihat menyebar ke ruas jalan khusus kendaraan.

Tak heran, kadang mereka berimpitan dengan sejumlah pemotor dan pengguna roda empat. Jalur pop-up sepeda terlihat dijadikan tempat untuk berhenti.

Sesekali terlihat pengguna kendaraan roda dua dan roda empat mengurangi kecepatannya saat melewati warga yang berolah raga. Tak jarang premotor terlihat kebingungan dan membunyikan klaksonnya ke para pesepeda.

"Sekali lagi mohon Bapak, Ibu, adik-adik yang bersepeda santai tolong gunakan jalur kiri," kata petugas Dinas Perhubungan DKI dengan pengeras suara sembari berkeliling di lokasi.

Pesepeda-pelari di Bundaran HI, Minggu (5/7) pagi.Pesepeda-pelari di Bundaran HI, Minggu (5/7) pagi. Foto: Wilda Nufus/detikcom

Terlihat masih ada orang tua yang membawa anaknya untuk ikut bersepeda. Adapun para pelari memanfaatkan trotoar untuk olahraga. Namun, masih ada pula dari mereka yang mengajak anak kecil.

Salah satu warga, Heri (32), dari Jakarta Timur mengaku belum tahu terkait aturan yang melarang membawa anak di bawah 9 tahun. Ia datang mengajak istri dan kedua anaknya yang berumur 2 tahun dan 5 tahun untuk berolahraga.

"Baru tahu sekarang (aturannya). (Anak) umur 5 tahun dan 2 tahun," kata Heri di lokasi.

Tonton video 'CFD Sudirman- Thamrin Ditiadakan, Ini 32 Kawasan Khusus Pesepeda':

Selanjutnya
Halaman
1 2