UTBK SBMPTN Digelar Hari Ini, Peserta Kenakan Masker-Ujian Dibagi 2 Sesi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 05:59 WIB
Suasana SBMPTN di UI Depok.
Foto: Ilustrasi suasana SBMPTN. (Nur Azizah-detikcom)
Jakarta -

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 akan digelar hari ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peserta ujian.

Berbeda dari tahun sebelumnya, UTBK-SBMPTN tahun 2020 dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Ujian pun akan digelar dalam dua gelombang dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dilihat dari akun Twitter resmi LTMPT, @ltmptofficial, jumlah peserta UTBK tahap 1 sebanyak 579.069 orang, dan tahap 2 sebanyak 124.806 orang. Sehingga total secara keseluruhan UTBK SBMPTN 2020 diikuti oleh 703.875 orang peserta.

Ada tiga perguruan tinggi di Jakarta dan Depok yang menjadi Pusat UTBK alias lokasi tes, yaitu UNJ, UPN Veteran, dan UI.

"UNJ (Universitas Negeri Jakarta), UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Jakarta, dan UI (Universitas Indonesia)," kata Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Anwar Efendi, kepada detikcom, Sabtu (4/6/2020).

Di luar itu, kampus-kampus juga bekerja sama dengan sejumlah kampus dan sekolah lain sebagai mitra lokasi UTBK tambahan.

Selanjutnya
Halaman
1 2