Pendaftaran SBMPTN LTMPT Tutup Kini Saatnya UTBK, Ini Tips Agar Tak Stress

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 06:00 WIB
Fokus SNMPTN 2019
Ilustrasi Pendaftaran SBMPTN LTMPT Ditutup Kini Saatnya UTBK, Ini Tips Agar Tak Stress (Foto: Ilustrasi: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Resmi ditutup pada 20 Juni 2020 lalu, pendaftaran SBMPTN menyedot ratusan ribu peserta yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Setelah pendaftaran SBMPTN LTMPT ditutup, hari ini detikers dan peserta SBMPTN bersiap menghadapi UTBK.

Bagi sebagian orang, menghadapi ujian apalagi untuk masuk universitas impian seperti SBMPTN, bisa membuat stress. Ini biasanya disebabkan karena terlalu memikirkannya dan mungkin detikers juga mengalaminya.

Padahal jika kamu stress sebelum menghadapi ujian akan mungkin menyebabkan beberapa masalah nantinya. Misalnya masalah pada kesehatan. Untuk itu, detikers harus tahu bagaimana cara agar tidak stress menjelang ujian SBMPTN.

Tips-Tips Supaya Tidak Stress Menjelang Ujian SBMPTN

1. Lakukan Olahraga Rutin agar Tubuh Tetap Bugar

Seperti yang diketahui jika setelah selesai melaksanakan pendaftaran SBMPTN LTMPT, detikers akan menjalani tes UTBK dan hal itu pasti membuat stress. Untuk mengurangi stress sebelum ujian, kamu bisa melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan secara rutin menurut penelitian bisa meredam stress, meringankan beban pikiran dan membuat rileks. Olahraga teratur juga akan menjaga kebugaran tubuh sehingga semakin prima saat mengerjakan ujian nantinya.

2. Lakukan Teknik Meditasi untuk Menenangkan Pikiran

Ada beragam manfaat dari melakukan meditasi, salah satunya adalah menurunkan stress, tingkat depresi dan kecemasan. Meditasi bahkan membantu orang yang sedang berjuang untuk menghadapi kecemasan dan depresi.

3. Luangkan Waktu untuk Bersenang-Senang

Kamu bisa meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan liburan ke tempat wisata favorit menjelang ujian SBMPTN. Hal itu akan membuat kamu merasa lebih rileks dan bahagia. Perasaan bahagia tersebut bisa membantu mengurangi stress menjelang ujian. Selain itu, menurut penelitian perasaan yang bahagia akan lebih mudah untuk membantu kamu meraih kesuksesan.

4. Banyak Berdoa

Sebanyak dan sekuat apapun kamu berusaha untuk mencapai tujuan yang maksimal, jika tidak dibarengi dengan banyak doa bisa menjadi usaha yang sia-sia. Banyak berdoa juga akan membuat perasaan dan pikiran menjadi lebih tenang.

5. Minta Dukungan dari Orang-Orang yang Terdekat

Setelah mengetahui jadwal ujianmu, sebaiknya langsung beritahu orang-orang terdekat seperti orang tua. Lalu mintalah kepada mereka dukungan agar kamu melewati ujian dengan baik. Dukungan dari orang-orang terdekat sangat penting karena akan memberikan kamu motivasi untuk belajar lebih giat. Selain itu, hal tersebut dapat membuat suasana rumah lebih kondusif sehingga kamu dapat belajar dengan tenang. Minta dukungan dari orang terdekat juga bisa mengurangi beban psikis maupun stress menjelang ujian.

6. Cari Teman yang Seperjuangan

Jangan sampai stress sendirian, detikers! Ajaklah teman-temanmu yang juga akan menjalani ujian SBMPTN juga berdiskusi bersama. Punya dan berkumpul dengan teman yang seperjuangan akan mengurangi beban yang dirasakan menjelang ujian.

7. Coba Fokus

Fokuslah dan kendalikan stress yang kamu alami menjelang ujian. Biasanya orang yang stress dan panik malah bisa membuat kamu melakukan hal yang kurang positif. Kamu bisa saja menjadi malas belajar karena rasa stress itu. Fokuslah pada tujuan utama dan kendalikan stress. Itulah cara yang tepat untuk menghadapi ujian.

Itulah tips-tips untuk mengurangi stress detikers menjelang menghadapi ujian SBMPTN. Setelah menyelesaikan semua proses pendaftaran SBMPTN LTMPT, detikers bisa melakukan hal-hal di atas selain belajar materi ujian. Semoga bermanfaat!

Tonton video 'Ujian Tulis SBMPTN, Peserta Harus Tau 5 Hal Ini':

(erd/erd)