Pengumuman Hasil SBMPTN 2020, Ini Update Jadwal Lengkapnya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 21:02 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SBMPTN 2018 (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Ilustrasi Pengumuman Hasil SBMPTN 2020, Ini Update Jadwal Lengkapnya. (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

detikers sudah tahu kan bahwa jadwal pengumuman hasil SBMPTN 2020 mengalami perubahan? Sebenarnya, perubahan jadwal ini bukan hanya berlaku untuk jadwal pengumuman SBMPTN, tapi juga jadwal penyelenggaraan tes UTBK.

Jadwal terbaru penyelenggaran SBMPTN 2020:

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN pada 2 sampai dengan 20 Juni 2020
  • Penyelenggaraan UTBK pada:
  • 5 sampai 14 Juli 2020
  • 20 sampai 29 Juli 2020
  • Pengumuman hasil SBMPTN pada 20 Agustus 2020

Perubahan lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah waktu penyelenggaraan tes UTBK serta jumlah sesi tes yang dilangsungkan. Sebab, tes UTBK tahun ini hanya akan diselenggarakan sebanyak 2 (dua) sesi per hari. Artinya ada pengurangan dari jumlah sesi normal sebanyak 4 (empat) kali.

Hal ini juga berarti adanya penyesuaian pada materi tes yang diberikan pada tes UTBK nantinya. Sebab, seperti yang sudah diumumkan oleh LTMPT, materi tes yang diberikan akan fokus pada Tes Potensi Skolastik (TPS).

Secara garis besar, TPS merupakan tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta. Kemampuan ini adalah kemampuan yang dianggap penting, terutama di lingkungan pendidikan formal, termasuk pada lingkungan pendidikan tinggi.

Sebagai tambahan informasi, perubahan jadwal penyelenggaraan hingga jadwal pengumuman hasil SBMPTN 2020 dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi saat ini. Karena pandemi Covid-19, pelaksanaan SBMPTN tentu perlu dilakukan dengan lebih hati-hati dan cermat demi kesehatan dan keselamatan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan SBMPTN, mulai dari panitia hingga kamu yang menjadi peserta tes.

Tingkat Persaingan SBMPTN

Dalam penyelenggaraan SBMPTN 2020 tahun ini, tingkat persaingannya bisa jadi bahkan lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan meskipun tes UTBK hanya akan fokus pada TPS. Hal ini dikarenakan demografi peserta SBMPTN 2020 yang bukan hanya terbatas pada murid SMA/sederajat lulusan tahun 2020, tapi juga peserta lulusan tahun 2019, 2018, serta peserta lulusan program paket C.

Cara Cek Pengumuman Hasil SBMPTN 2020

Untuk mengecek pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2020, LTMPT sebagai lembaga penyelenggara seleksi masuk perguruan tinggi resmi di Indonesia telah menyediakan portal khusus yang bisa kamu akses nantinya. Portal tersebut dapat diakses melalui alamat https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Tentu saja, halaman tersebut baru akan menyajikan informasi hasil SBMPTN 2020 pada tanggal yang sudah ditentukan, yaitu 20 Agustus 2020 nanti

Meski begitu, tentu tak ada salahnya kalau kamu cari tahu cara mengakses halaman pengumuman hasil SBMPTN mulai dari sekarang, kan? Jadi, nanti kamu tidak akan kebingungan ketika tanggal pengumuman sudah tiba.

Untuk mengecek pengumuman hasil SBMPTN 2020, kamu cukup membuka halaman pengumuman di alamat di atas. Kemudian memasukkan nomor peserta SBMPTN serta tanggal lahirmu pada kotak yang telah tersedia. Setelah itu, kamu dapat tunggu website tersebut selesai memuat halaman baru yang mencantumkan informasi hasil dan status kelulusanmu.

Selain mengakses halaman pengumuman SBMPTN melalui portal LTMPT seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa mengakses lewat link mirror resmi yang sudah ditunjuk oleh LTMPT. Total, terdapat 12 link mirror yang tersedia dan berada pada website resmi berbagai PTN di Indonesia.

Nah, kamu bisa mengakses link mirror sebagai website alternatif, terutama jika halaman pengumuman hasil SBMPTN di website LTMPT sulit diakses, mengingat bahwa akan ada puluhan ribu peserta SBMPTN yang akan mengakses halaman pengumuman secara bersamaan pada tanggal 20 Agustus nanti sehingga bisa mengakibatkan tingginya traffic masuk ke website tersebut.

Semoga informasi jadwal Pengumuman Hasil SBMPTN 2020 ini bisa membantu detikers yang saat ini berjuang untuk bisa kuliah di jurusan dan perguruan tinggi impiannya.

(erd/erd)