Jokowi: Kampus Harus Perkokoh Rasa Kebangsaan, Antikorupsi, Hargai Demokrasi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 11:19 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perguruan tinggi harus memfasilitasi mahasiswa agar menjadi penopang sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul. Selain itu, dia meminta perguruan tinggi membangun mentalitas mahasiswa.

"Perguruan tinggi harus memberikan perhatian besar kepada kesehatan fisik dan mental mahasiswa. Membangun karakter mahasiswa yang hati dan pikirannya merah putih untuk Indonesia, yang berakhlak mulia, yang bermental baja, dan memegang teguh Pancasila," kata Jokowi saat memberi sambutan di Konferensi Forum Rektor Indonesia yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (4/7/2020).

Jokowi meminta perguruan tinggi juga membangun mentalitas mahasiswa menjadi pribadi yang nasionalis. Jokowi meminta kampus berperan aktif dan mencari cara yang tidak biasa-biasa saja. Dalam konferensi virtual ini, hadir para rektor se-Indonesia.

"Suasana kampus harus memperkokoh rasa kebangsaan, menghargai kebinekaan dalam persaudaraan dan persatuan. Berintegritas tinggi dan antikorupsi serta penuh toleransi dan menghargai demokrasi. Bapak-ibu, orang tua mereka, yang bertanggung jawab untuk masa depan mereka dan sekaligus masa depan Indonesia," ujarnya.

Jokowi lalu mengingatkan Indonesia perlu mencetak generasi muda yang unggul untuk membangun Indonesia maju. Dia juga mengingatkan Indonesia harus bisa memanfaatkan bonus demografi.

"Satu abad Republik Indonesia sudah dekat di 2045 nanti, tinggal 25 tahun lagi. Mari kita cetak sejarah mari kita buktikan kita tidak akan terjebak middle income trap, mari kita buktikan di tahun 2045 nanti Indonesia mampu menjadi negara berpenghasilan tinggi yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkap Jokowi.

(jbr/dkp)