Sehari Setelah Meninggal, Sekwan Morowali Terkonfirmasi Positif Corona

Mohammad Qadri - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 08:27 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono)
Morowali -

Hasil swab test Sekretaris DPRD Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Fatmawati Mustafa yang meninggal pada hari Kamis lalu terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Fatmawati diketahui memiliki riwayat perjalanan dari daerah Banda Aceh pada pekan lalu.

"Kemarin sore (3/7) sekitar pukul 15.00 WITA, kami menerima hasil swab test almarhum Fatmawati Mustafa, dan hasilnya terkonfirmasi positif Corona," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Morowali, Ashar Ma'ruf kepada detikcom, Sabtu (4/7/2020).

Menurut Ashar, Fatmawati dikategorikan orang dalam pemantauan (ODP) karena memiliki riwayat perjalanan dari Banda Aceh. Dua minggu setelah tiba di Morowali atau masa inkubasi, diagnosa terhadap Fatmawati teridentifikasi penyakit tifus, sehingga statusnya naik menjadi pasien dalam pengawasan (PDP).

"Sebelumnya almarhum sempat menjalani perawatan medis di RS Bungku, dan ditetapkan sebagai merupakan PDP 014. Namun, proses pemakaman yang dilakukan tim medis yang berlangsung di Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, sesuai dengan protokol COVID-19," ucapnya.

Tonton juga 'Puluhan Ribu Tenaga Kesehatan Spanyol Terinfeksi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]

Hingga kini, dalam laporan update Pusdatina COVID-19 Sulteng, pada Jumat (3/7/2020) bahwa pasien positif Corona berjumlah 186 orang, 159 pasien dinyatakan sembuh dan 5 diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

(rfs/rfs)