PDSS Adalah Data Siswa, Isi Dulu Jika Ingin Daftar PTKIN

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 22:21 WIB
UM-PTKIN 2020
PDSS Adalah Data Siswa, Isi Dulu Jika Ingin Daftar PTKIN (Foto: https://um-ptkin.ac.id)
Jakarta -

detikers, barangkali kamu adalah satu di antara ribuan calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Nah pastikan kamu sudah mengisi PDSS ya. PDSS adalah Pangkalan Data Sekolah dan Siswa yang wajib diisi sebelum mendaftar.

Apa fungsinya PDSS?

Jadi, PDSS adalah sebuah portal sistem yang berisi semua informasi terkait data siswa. Misalnya nilai raport dan biodata siswa. Nantinya data ini bisa digunakan sebagai salah satu syarat mutlak sebelum mendaftar ke PTKIN.

Bagaimana pengisian PDSS?

Sebagai portal data yang berisi tentang informasi terkait siswa, pengisian PDSS umumnya dilakukan oleh pihak administrator sekolah. Ada sedikit perbedaan pengisian PDSS SNMPTN dan PDSS PTKIN.

Tahapan yang dibutuhkan dalam pengisian PDSS SNMPTN yang pertama, pihak sekolah bisa melakukan login di halaman PDSS. Kemudian mengisi data yang dibutuhkan sesuai dengan akreditasi sekolah dan data sekolah lainnya.

Setelah itu bisa cek terlebih dahulu apakah informasi sudah sesuai dengan sekolah atau belum. Misalnya sekolah sudah mengalami pembaharuan akreditasi sehingga diperlukan proses pembaharuan lagi dengan menghubungi help desk yang tertera.

Sama halnya jika akreditasi sekolah sudah kadaluwarsa maka pihak sekolah harus tetap menghubungi helpdesk tersebut. Setelah itu pihak sekolah bisa mengisi kurikulum yang dipakai di sekolah itu.

Nah, untuk alur pdss span ptkin 2020 yang pertama tentu saja mendaftarkan sekolah ke https://pdss.span-ptkin.ac.id dengan menggunakan NPSN sekolah untuk mendaftarkan email yang berisi validasi pendaftaran.

Lalu, bisa melakukan login sekolah untuk mengisi data siswa yang akan mengikuti SPAN PTKIN. Setelah proses entry data siswa selesai dilakukan maka selanjutnya pihak sekolah bisa memberikan data login berupa username dan password kepada siswa agar siswa melakukan tahap pendaftaran berikutnya di alamat https://siswa.span-ptkin.ac.id.

PDSS adalah sumber informasi yang berguna untuk PTKIN sebagai cara menyaring mahasiswanya. Mahasiswa sendiri bisa memilih dua PTKIN sesuai keinginannya dan bisa mendaftar pada dua program studi yang dikehendaki.

Biasanya urutan PTKIN menentukan prioritas pilihan dari peserta. Saat ini untuk proses pendaftaran ke PTKIN tidak dipungut biaya, karena pendaftarannya bisa diikuti oleh semua siswa dengan anggaran berasal dari negara. Intinya prinsip dari penyelenggaraan PDSS adalah tahapan yang transparan, adil dan tidak diskriminatif. Harapannya agar semua siswa di Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak.

Jika kamu merupakan seorang siswa dengan prestasi segudang, kamu bisa mendaftarkan diri di SPAN PTKIN dengan kesempatan lolos lebih tinggi tentunya. Karena yang dipertimbangkan dari seleksi ini adalah siswa yang memiliki prestasi tinggi dan tetap konsisten terhadap prestasinya tersebut selama masa sekolah.

Namun, jika kamu tidak memiliki prestasi kamu tidak perlu khawatir karena di depan sana banyak sekali ujian seleksi masuk universitas yang bisa kamu pilih. Singkatnya alur pendaftaran SPAN PTKIN yakni dimulai dari pengisian PDSS yang dilakukan oleh pihak sekolah, lalu proses verifikasi PDSS.

Selanjutnya proses pendaftaran SPAN-PTKIN hingga pengumuman hasil seleksi SPAN-PTKIN. Umumnya proses SPAN-PTKIN ini dibagi menjadi dua kali seleksi dan proses verifikasi mahasiswa baru atau proses daftar ulang menyesuaikan dari masing - masing PTKIN.


PDSS adalah tahapan yang tidak bisa dilepaskan dari proses seleksi SPAN-PTKIN. Jadi jangan lupa diisi sebelum mendaftar.

(erd/erd)