1 Dokter di RSU FL Tobing Sibolga Positif Corona

Abdi Somat Hutabarat - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 20:08 WIB
Kadis Kesehatan Sibolga Firmansyah Hulu di Aula Dinas Kesehatan Sibolga, Jumat (3/7/2020).
Kadis Kesehatan Sibolga Firmansyah Hulu di aula Dinas Kesehatan Sibolga, Jumat (3/7/2020). (Abdi Somat/detikcom)
Sibolga -

Seorang dokter yang bertugas di RSU FL Tobing, Sibolga, berinisial UE dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) berdasarkan hasil tes swab di RSU USU, Medan. Sebelum itu, salah seorang tenaga medis juga terkonfirmasi positif Corona.

"Jadi ini merupakan rangkaian dari hasil swab yang dikirimkan oleh RSU FL Tobing ke Medan setelah ditetapkannya seorang tenaga medis kita positif hasil tes cepat molekuler (TCM) Rumah Sakit Umum Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, sekitar dua minggu yang lalu," kata Kadis Kesehatan Sibolga Firmansyah Hulu di aula Dinas Kesehatan Sibolga, Jumat (3/7/2020).

Firmansyah menjelaskan rapid test langsung dilakukan terhadap 20 tenaga medis di RSU FL Tobing setelah satu orang terkonfirmasi positif Corona. Hasilnya nonreaktif.

Namun sampel swab tetap dikirim ke RSU USU Medan. Hasil pemeriksaan 18 orang sudah keluar dan dua orang lagi masih menunggu. Salah seorang di antaranya, yakni UE, dinyatakan positif Corona.

"Dari 18 hasil swab tenaga medis yang sudah keluar, ada satu yang dinyatakan positif, yaitu UE. Atas dasar itulah kita langsung melakukan isolasi kepada pasien di RSU FL Tobing, Sibolga. Dan langsung kita lakukan pelacakan terhadap keluarga dekatnya dan sudah dilakukan isolasi," tegasnya.

(knv/knv)