Ingin Jadi Akuntan Syariah? Isi PDSS SPAN PTKIN 2020 dan Ikuti Tahapannya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 21:51 WIB
ilustrasi snmptn 2017
Ilustrasi Ingin Menjadi Akuntan Syariah? Isi PDSS SPAN PTKIN 2020 dan ikuti Tahapannya ya (Edi wahyono/detikcom)
Jakarta -

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) saat ini sudah cukup banyak diminati dan salah satu jurusan yang menjadi favorit banyak calon mahasiswa adalah akuntansi syariah. Tahap pertama pendaftaran ke PTKIN disebut juga sebagai PDSS SPAN PTKIN 2020.

Apa itu PDSS SPAN PTKIN 2020?

Apakah berbeda dengan mendaftar di universitas umum? Jadi, tahapan PDSS merupakan tahapan yang dilakukan oleh sekolahmu untuk mengisi data sekolah agar kamu bisa mendapatkan akses untuk login di website pendaftaran PTKIN.

Pertama, pihak administrator sekolah akan melakukan pengisian NPSN di alamat https://pdss.span-ptkin.ac.id. Nah, jika sekolahmu belum memiliki NPSN maka sekolahmu harus mengirimkan surat permohonan NPSN dulu ke SPAN PTKIN dengan cara mengirim email dan surat permohonan yang dilengkapi SK dengan tanda tangan kepala sekolahmu ya!.

Setelah bisa masuk ke alamat https://pdss.span-ptkin.ac.id langkah selanjutnya administrator di sekolahmu akan mengisi data terkait sekolah dan nantinya mendapatkan email yang berisi validasi atas pendaftaran yang telah dilakukan. Setelah mendapatkan email beserta akses login, selanjutnya pihak sekolah bisa mengisi nama - nama siswa atau data siswa dari sekolah tersebut guna mendapatkan akses login untuk siswa. Setelah semuanya terisi maka pihak sekolah akan membagikan data login siswa itu kepada para siswa guna meneruskan pendaftaran.

Tahap selanjutnya setelah proses pendaftaran PDSS SPAN PTKIN 2020 selesai yakni melakukan pendaftaran mandiri oleh siswa. Di tahap ini, setelah kamu mendapatkan akses login kamu bisa membuka https://siswa.span-ptkin.ac.id untuk meneruskan tahapan pendaftaran dimana kamu diharuskan untuk mengisi data pribadi seperti biodata siswa serta pemilihan program studi yang ingin kamu coba.

Setelah itu kamu akan mendapatkan laporan finalisasi data dan kamu bisa mencetak kartu peserta pendaftaran yang kamu peroleh. Lalu sisanya kamu hanya perlu menunggu hingga pengumuman kelulusan tiba. Jadi sekolah hanya bertugas hingga PDSS SPAN PTKIN 2020.

Salah satu jurusan yang cukup diminati yakni Akuntansi Syariah, akuntansi syariah sebenarnya masih bagian dari akuntansi namun lebih menekankan pada akuntabilitas serta pelaporan. Saat ini peminat Akuntansi syariah cukup banyak lho, bahkan masyarakat di daerah yang minoritas muslim pun cukup berminat dengan jurusan ini.

Apalagi sebagai bagian dari akuntansi yang merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Seiring perkembangan akuntansi syariah yang makin pesat tentu saja kebutuhan terhadap lulusan akuntansi syariah pun makin banyak, untuk itu saat ini jurusan ini termasuk jurusan yang menjadi primadona di kalangan calon mahasiswa.

Bahkan lulusan dari akuntansi syariah pun tidak kalah keren dan mapan dari akuntansi konvensional lho! Redaksi detikcom sudah melakukan riset bahwa lulusan dari akuntansi syariah juga bisa bekerja sebagai akuntan profesional, konsultan pajak. Bahkan seorang akuntan yang sudah memiliki sertifikat bisa bekerja menjadi akuntan publik dengan penghasilan fantastis tiap bulannya.

Jika ingin menjadi auditor perusahaan pun bisa. Apalagi sebagai auditor diperlukan kejujuran yang cukup tinggi tentu saja hal ini sangat sesuai dengan prinsip syariah yang telah dipelajari oleh mahasiswa akuntansi syariah di kampusnya. Nah, jangan lupa mengisi PDSS SPAN PTKIN 2020 ya jika ingin menjadi Akuntan Syariah.

(erd/erd)