Ingin Daftar SPAN PTKIN? Isi PDSS SPAN PTKIN dan Simak Tahapannya Ya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 19:30 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SNMPTN 2019 (Luthfy Syahban/detikcom)
Ingin Daftar SPAN PTKIN? Isi PDSS SPAN PTKIN dan Simak Tahapannya Ya (Ilustrasi : Luthfy S/detikcom)
Jakarta -

Saat ini banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia salah satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam atau sering disebut sebagai PTKIN. Seleksi masuk PTKIN sering disebut dengan SPAN PTKIN. Alur pertama yang harus dilakukan sebelum mendaftar PTKIN adalah melakukan pengisian PDSS SPAN PTKIN.

Apa sebenarnya PDSS SPAN PTKIN?

PDSS adalah tahapan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. Pihak sekolah bisa mendaftarkan sekolahnya melalui website resmi PDSS SPAN PTKIN di alamat https://pdss.span-ptkin.ac.id.

Kemudian pihak sekolah bisa melakukan input data sekolah pada alamat tersebut. Setelah proses pengisian selesai dilakukan, tahapan selanjutnya yakni proses validasi pendaftaran melalui email. Nantinya pihak sekolah akan mendapatkan email yang berisi konfirmasi terhadap data PDSS.

Setelah mengkonfirmasi melalui email, pihak sekolah akan mendapatkan username dan password yang bisa digunakan untuk mengisi data siswa di https://pdss.span-ptkin.ac.id. Setelah data sisa terisi, pihak sekolah bisa memberikan data tersebut kepada siswa untuk dapat digunakan siswa melanjutkan proses login.

Jika tahap PDSS SPAN PTKIN selanjutnya tahapan pendaftaran akan dilakukan oleh siswa. Siswa yang telah mendapat alamat akun bisa digunakan untuk login di alamat https://siswa.span-ptkin.ac.id.

Tugas siswa di tahap ini yakni mengisi data yang diperlukan seperti pengisian program studi yang dipilih hingga proses finalisasi data dari siswa tersebut. Setelah tahapan finalisasi selesai nantinya akan muncul kartu pendaftaran yang bisa dicetak oleh peserta. Siswa yang telah melakukan tahapan finalisasi data hanya tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi dan bisa mengaksesnya melalui https://pengumuman.span-ptkin.ac.id.

Adapun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia saat ini di antaranya Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar, Universitas Islam Negeri Pamekasan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Islam Negeri Mataram, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu, Universitas Islam Negeri Ar-Rainry, Universitas Islam Negeri SMH Banten, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Insitut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa, Insitut Agama Islam Negeri Salatiga, Insitut Agama Islam Negeri Surakarta, Insitut Agama Islam Negeri Tulungagung, Insitut Agama Islam Negeri Bukittingi, Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Saat ini program studi yang cukup diminati yakni program studi perbankan syari'ah dan akuntansi syari'ah. Kedua ilmu tersebut merupakan cabang dari ilmu ekonomi syariah. Jika mendengar tentang syariah tentu saja kita akan tahu bahwa ilmu tersebut merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang menerapkan prinsip syariah.

Saat ini jurusan ekonomi syariah sendiri ternyata merupakan jurusan ekonomi yang cukup diminati di Negara yang mayoritas penduduknya non muslim contohnya Jepang, untuk itu jika kamu ingin menjadi salah satunya kamu bisa mendaftar di program studi ini. Tentunya kamu harus tahu bahwa program ini khususnya perbankan syariah dan akuntansi syariah banyak peminatnya sehingga persaingannya juga cukup ketat. Peluang kerjanya pun masih cukup cemerlang.

Pastikan detikers sudah mengisi PDSS STAN PTKIN ya sebelum mendaftar ke PTKIN impianmu.

(erd/erd)