LTMPT Tak Wajibkan Peserta UTBK-SBMPTN 2020 Rapid Test: Kebijakan Pemda

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 18:34 WIB
Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih
Rektor Unair Mohammad Nasih (Esti Widiyana)
Jakarta -

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak mewajibkan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 untuk melakukan rapid test virus Corona. Aturan soal rapid test diserahkan ke masing-masing daerah yang menjadi tempat tes UTBK.

"Soal rapid test, itu kebijakan dari Gugus Tugas dan Pemerintah Daerah," kata Ketua LTMPT, Mohammad Nasih, kepada detikcom, Jumat (3/6/2020).

UTBK tahun ini digelar di masa pandemi virus Corona. LTMPT menyelenggarakan tes UTBK sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Namun, prosedur operasional baku (POB) UTBK sendiri tidak mewajibkan adanya rapid test sebagai syarat peserta bisa ikut tes.

"Di POB UTBK, peserta dinilai sehat bila suhu tubuhnya tidak lebih dari 37,5 derajat Celcius. Semua peserta akan diukur suhu melalui thermo gun," kata Nasih.

Ada sejumlah ketentuan dari LTMPT baik bagi peserta maupun bagi penyelenggara Pusat UTBK tahun ini. Berikut adalah rinciannya, sesuai dengan keterangan pers dari LTMPT pada 25 Juni kemarin:

Selanjutnya
Halaman
1 2