Gugus Tugas: Risiko Kenaikan Kasus Corona Sekitar 50% Daerah di RI Rendah

Tiara Aliya - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 16:50 WIB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Foto: dok. BNPB)

Atas hal ini, Wiku beranggapan bahwa tren penurunan risiko kasus Corona ini tidak boleh hanya dilihat melalui data saja. Melainkan, kata Wiku, perlu memperhatikan kondisi setiap daerah.

"Jadi melihat Indonesia tidak bisa dilihat dari Jakarta atau Monas, kita harus bisa lihat per satu daerah dan disini hanya sekedar summary atau ringkasan melihat secara keseluruhan yang ada di Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Wiku juga menyoroti dinamika presentase penambahan zona hijau dan kuning COVID-19 di Indonesia. Ia mengatakan bahwa ketangguhan bangsa Indonesia bisa dilihat dengan keberadaan zona hijau dan kuning yang berada di sekitar 50 persen dari total kabupaten kota.

"Kemudian yang penting di sini, adalah yang zona kuning dan hijau ini berfluktuasi dari sekitar 46,7 persen sampai dengan 55,25 persen. Tertingginya adalah 58,37 persen pada tanggal 21 Juni. Ini menunjukkan apa sebenarnya? Kalau saya sebut sebagai ketangguhan dari bangsa Indonesia dilihat dari daerahnya. Minimal sekitar 50 persen daerah di Indonesia risiko peningkatan kasusnya rendah dan tidak terdampak. Itu adalah modal bangsa kita membangun ke depan," jelasnya.

Halaman

(knv/knv)